Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Mengetik 10 Jari Dengan Mudah dan Cepat

Belajar Mengetik 10 Jari Dengan Mudah dan Cepat
Belajar Mengetik 10 Jari Dengan Mudah dan Cepat – Saat ini hampir semua orang sudah bisa menggunakan PC atau Laptop karena sejak kecil sudah dipelajari semenjak dibangku sekolah dan didalam dunia kerja juga semuanya harus dikerjakan dengan menggunakan perangkat PC maupun Laptop khususnya di bagian administrasi.

Akan tetapi kalau kita bicara mengetik di perangkat PC atau Laptop masih sedikit orang yang mampu mengetik dengan cepat dan bernar dengan menggunakan metode mengetik 10 jari. Karena mengetik dengan metode 10 jari memang sedikit susah untuk kita gunakan apa bila sudah terbiasa menggunakan 2 jari saja.

Namun perlu kalian ketahui kalau kita bisa meneriapkan meengetik dengan metode 10 jari akan membuat kerja kita semakin produktif dan cepat karena kita tidak perlu meliha keyboard lagi, tidak hanya itu dengan mengetik dengan cepat menggunakan metode 10 jari juga akan meningkatkan kinerja otak kita.

Untuk itu mulai sekarang mulailah belajar mengetik 10 jari dengan menggunakan tekhnik dan metode yang akan kita bahas pada artikel ini, langsung saja beriku ini beberapa teknik yang bisa kalian pelajari agar bisa mengetik 10 cari :

Panduan Belajar Mengetik 10 Jari Untuk Pemulad Dengan Mudah dan Cepat

Pahami dan Ingat Posisi Jari 

Sebelum kita melangkah kebebarapa meotode lainnya kita harus mengetahui letak dan posisi jari yang benar terlebih dahulu, karena dasar untuk bisa mengetik dengan cepat dengan mengggunakan 10 jari adalah dengan memahami posisi dan letak jari. karena ada beberapa penempatan posisi – posisi tertentu untuk bisa mengetik 10 jari.

Oleh karen itu langsung saja simak dan kalau perlu kamu hapalkan beberapa posisi – posisi jari yang benar pada saat mengetik 10 jari berikut ini :

Bagian kiri:
Jari Kelingking = huruf A, Q, Z, Angka 1, tombol Shift, Tab, dan CapsLock
Jari Manis = huruf W, S, X, dan Angka 2
Jari Tengah = huruf E, D, C, dan Angka 3
Jari Telunjuk = huruf R, F, T, V, G, B, Y, dan Angka 4, 5, 6
Jempol = tombol Space dan Alt

Bagian kanan:
Jari Telunjuk = huruf Y, U, H, J, B, N, M, dan Angka 6, 7
Jari Tengah = huruf I, K, tanda koma, dan Angka 8
Jari Manis = huruf L, O, tanda titik, dan angka 9
Jari Kelingking = huruf P, tanda titik koma, dan tanda miring
Jempol = tombol Space dan Alt

Hilangkan Kebiasan Menggunakan 2 Jari

Setelah kalian memahami dan sudah hapal letak dan posisi jari, selanjutnya kalian harus mulai menghilangkan kebiasaan yang selama ini kalian gunakan dalam mengetik yaitu mengetik dengan 2 jari. Hal ini memang tidak mudah untuk menghilangkannya karena mungkin hal tersebut sudah terbiasa dilakukan mulai dari pertama kali belajar mengetik.

Untuk itu mulai sekarang cobalah untuk menghilangkan kebiasaan tersebut secara pelan – pelan dan lama – lama nantinya kalian juga akan terbiasa dengan metode mengetik 10 jari.

Mulailah Mengetik Menggunakan 10 Jari

Hal ini sangat berkaitan erat dengan menghilangkan kebiasaan mengetik 2 jari diatas, mulai sekarang kalian harus mengetik dengan menggunakan 10 jari dan menerapkan posisi – posisi jari yang sudah kalian hapalkan. 

Kalau kalian perhatikan lebih jelas keyboard yang kalian punya, maka kalian akan melihat ada tonjolan kecil diatas tombol huruf F dan J. nah kedua tonjolan tersebut merupakan alat yang bisa membantu kalian dalam menempatkan posisi jari kalian diatas keyboard dengan tanpa melihat sekalipun.

Dan untuk penempatan posisi tangan diatas keyboard, jari yang ada di atas huruf F dan J adalah telunjuk. Selanjutnya jari yang lainnya akan menyesuaikan secara langsung pada haruf-huruf di sampingnya. Agar lebih jelas dalam penempatan tangan diatas keyboard silahakan perhatikan gambar berikut ini :
Belajar Mengetik 10 Jari Dengan Mudah dan Cepat
Perhatikan gambar di atas jari tengah dan jari manis hanya digunakan untuk beberapa tombol saja. Sementara itu jari telunjuk digunakan untuk mengetik area tengah dari keyboard. Sedangkan untuk tombol navigasi, tanda baca, dan fungsi, semuanya dikontrol oleh jari kelingking. 

Silahkan praktekkan hal tersebut dengan menggunakan 10 jari sesuai dengan posisi jari seperti gambar diatas, semakin sering kalian mempraktekkannya maka akan semakin cepat kalian bisa mengetik dengan menggunakan tehknik 10 jari.

Jangan Melihat Keyboard

Dalam menggunakan metode mengetik 10 jari ini kalian juga tidak diperkenankan untuk melihat ke papan keybord, karena hal tersebut nantinya akan membuat proses pengetikan kalian akan menjadi lambat dan kurang efisien.

Oleh karena itu mulai sekarang kalian harus membiasakan untuk tidak melihat lagi ke papan keyboard, ya walapun kebiasaan ini tidak akan bisa diubah dengan mudah dan harus membutuhkan waktu yang cukup lama untuk melatihya hingga kalian terbiasa untuk melakukannya.

Terus prakttekkan cara tersebut dengan mengetik beberapa kata yang kalian suka dengan tanpa melihat keyboard, dan kalian harus terus mengingat posisi huruf dan jari mana yang akan menekannya.  Semakin sering kalian mempraktekkannya kalian akan semakin cepat untuk menguasainya.

Gunakan Tombol Shortcut

Dalam menggunakan metode mengetik 10 jari ini kalian juga perlu mengetahui dan menghapalkan beberapa tombol shortcut. Tombol shortcut merupakan perpaduan dari satu tombol dengan tombol lainnya untuk melakukan fungsi tertentu.
Karena system operasi Windows dan Mac mempunyai banyak kombinasi tombol shortcut yang bisa memudahkan dalam perkerjaan kita tanpa menggunakan mouse.

Untuk itu silahkan kalian simak beberap tombol shortcut yang sudah umum digunakan :
• Ctrl + C = Copy
• Ctrl + X = Cut
• Ctrl + V = Paste
• Ctrl + Z = Undo
• Ctrl + S = Save
• Ctrl + F = Pencarian kata
• Ctrl + A = Highlight semuanya
• Shift + Panah Kanan atau Kiri = Hightlight huruf di sebelahnya
• Ctrl + Shift + Panah Kanan atau Kiri = Highlight kata di sebelahnya
• Ctrl + Panah Kanan atau Kiri = Memindahkan kursor ke kata di sebelahnya tanpa highlight
• Home = Menuju ke awal baris
• End = Menuju ke akhir baris
• Page Up = Scroll up
• Page Down = Scroll down
• Alt + Tab = Berpindah ke jendela selanjutnya
• Alt + Shift + Tab = Berpindah ke jendela sebelumnya
• Alt + F4 = Menutup jendela yang sedang dibuka

Selain beberapa tombol shortcut diatas, kalian juga bisa menggunkan beberapa tombol shortcut lainnya yang bisa kalian gunakan pada saat melakukan browsing di internet.

Langsung saja silahkan simak beberap tombol shortcut yang bisa kalian gunakan pada web browser berikut ini :
• Ctrl + Tab = Berpindah ke tab selanjutnya
• Ctrl + Shift + Tab = Berpindah ke tab sebelumnya
• Ctrl + T = Memuka tab baru
• Ctrl + W = Menutup tab yang sedang dibuka
• Ctrl + Shift + T = Membuka tab yang baru saja ditutup
• Ctrl + R = Merefresh halaman
• Ctrl + N = Membuka jendela browser yang baru
• Backspace = Kembali ke halaman sebelumnya
• Shift + Backspace = Maju ke halaman setelahnya

Dak Lakukan kebiasaan – kebiasaan menggunakan beberapa tombol shortcut diatas, karena secara tidak langsung kalian akan terbiasa menggunakan jari kelingking kalian. Karena posisi jari kelingking berada diberbagai macam tombol seperti Ctrl, Alt, dan Shift.

Baca Juga :

Mengatur Cara Duduk Saat Sedang Mengetik

Belajar Mengetik 10 Jari Dengan Mudah dan Cepat
Satu hal yang tidak kalah penting dalam melakukan metode mengetik 10 jari adalah mengatur posisi duduk pada saat kalian mengetik, karena dengan mengatur posisi duduk yang baik tidak hanya mendukung kalian untuk lebih efektif dalam menggunakan metode mengetik 10 jari akan tetapi juga akan membuat kalian tidak sakit punggung dan yang lainnya.

Adapun posisi duduk yang benar pada saat mengetik adalah kalian harus duduk dengan bentuk punggung yang lurus dan tidak terlalu membungkuk, hal ini agar kalian tidak merasa pegal pada saat mengetik. Dan satu hal lagi pandangan kalian harus lurus menghadap kedepan atau kearah  layar bukan kearah keyboard. Kemudian agar mata tidak sakit kalian harus menjaga jarak antara layar dengan mata yaitu dengan jarak sekitar 50 – 70 cm.

Belajar Mengetik 10 Jari Dengan Memakai Keyboard Mechanical

Belajar Mengetik 10 Jari Dengan Mudah dan Cepat
Kalau kalian mempunyai keyboard mechanical hal tersebut sangat membantu kalian dalam menerapkan metode mengetik 10 jari, namun sebenarnya tidak mesti menggunakan keyboard mechanical saja akan tetapi keyboard apapun yang penting enak dan nyaman ketika kita melakukan pengetikan.

Terus kenapa disarankan menggunakan keyboard mechanical karena menggunakan keyboard mechanical akan memberikan kalian pengalaman mengetik yang nyaman dan tidak akan membuat tangan kalian lelah.

Berlatih dengan Game

Buat kalian yang benar – benar ingin belajar mengetik 10 jari dan kalian bosan dengan berbagai cara latihan mengetik 10 jari diatas. Maka kalian harus coba melakukan beberpa latihan dengan game. Yup game bagaima tidak belajar sambil bermain game, apsti asyik kan, setidaknya ada beberapa situs yang menyediakan permainan unik dan bermanfaat yang bisa kalian gunakan untuk melatih kemampuan mengetik dengan 10 jari 

Langsung saja berikut ini adalah bebera game yang bisa kalian jadikan latihan mengetik 10 jari :

  • TypeRacer

Belajar Mengetik 10 Jari Dengan Mudah dan Cepat
TypeRacer adalah merupakan salah satu situs yang menyediakan game sederhana dengan tema balap mobil, dimana setiap kalian memainkannya akan diberikan sebuah mobil balap. Kemudian kalian akan mengendalikan mobil tersebut dengan cara mengetik teks  maupun lirik lagu yang terlihat dilayar. Jadi semakin cepat dan akurat kalian mengetik, maka kalian semakin cepat pula mobil yang kalian untuk mencapai garis finish. Apakah kalian tertatik untuk mencobanya langsung saja menuju situsnya DISINI

  • Typer Shark Deluxe

Belajar Mengetik 10 Jari Dengan Mudah dan Cepat
Typer Shark Deluxe juga menyediakan sebuah game yang bisa mengasah kalian dalam mengetik 10 jari, game ini sangat direkomendasikan karena menawarkan permainan mengetik dengan berbagai macam tantangan seperti mode “Adventure” dan juga “Abyss”.
 
Tidak hanya itu game ini juga akan memberikan kalian tutorial yang sanngat bagus untuk kalian yang ingin belajar mengetik 10 jari. Kalian tinggal pilih mode “Typing Tutor” selanjutnya kalian akan diberikan tutorial mengetik 10 jari yang baik dan benar. Langsung saja silhkan kalian download aplikasinya DISINI.

  • Keybr.Com

Belajar Mengetik 10 Jari Dengan Mudah dan Cepat
Buat kalian yang ingin belajar mengetik 10 jari dan ingin tahu seberapa bisa kalian menggunakannya, kalian harus coba game yang disediakan oleh Keybr ini. pada game ini telah disediakan kata – kata random yang ditulis dengan berbagai ejaan yang acak – acakan, kemudian kalian harus menulis ulang kata – kata tersebut dengan cepat dengan ejaan yang baik dan benar.

Kemudian setelah kalian berhasil menyelesaikan kata – kata tersebut, kalian bisa melihat statistic yang menunjukkan dibagian tombol keyboard yang mana kelemahan kalian. Tidak hanya itu kalian bisa memilih jenis keyboard dan juga bahasa sesuai dengan yang kalian inginkan. Kunjungi situsnya DISINI

  • Touch Typing Study

Belajar Mengetik 10 Jari Dengan Mudah dan Cepat
Satu lagi game yang bisa kalian gunakan untuk belajar mengetik 10 jari adalah game dari Touch Typing Study, pada game ini kalian akan benar – benar dilatih untuk menempatkan jari – jari kalian dengan benar. Karena kalian akan diminta untuk menuliskan beberapa huruf secara berulang – ulang akan tetapi harus dengan menggunakan jari yang benar, kemudian pada game ini kalian juga bisa memilih berbagai pilihan bahasa. Kunjungi situsnya DISINI

  • Learn Typing

Belajar Mengetik 10 Jari Dengan Mudah dan Cepat
Learn Typing juga bisa kalian gunakan untuk belajar mengetik 10 jari, karena merupakan situs yang menyediakan pembelajaran mengetik 10 jari mulai dari yang pemula sampai ketingkat mahir. Kalau kalian ingin menggunakan situs ini kalian harus bisa melewati berbagai macam tingkat kesulitan sampai kaian mencapai tingkat level tertinggi. silahkan kunjungi situsnya DISINI

  • 10 Finger Breakout

Belajar Mengetik 10 Jari Dengan Mudah dan Cepat 
Game terakhir yang bisa kalian gunakan untuk belajar mengetik 10 jari adalah 10 Finger BreakOut. Pada aplikasi ini kalian akan bermain game sambil belajar mengetik 10 jari, ya walaupun grafis animasinya belum semodern grafis game – game sekarang. Namun jika kalian sering menggunakan game ini, kemampuan dalam mengetik kalian akan terus bertambah karena semakin sering kalian memainkannya maka kalian juga akan terbiasa dengan pemosisian jari – jari kalian pada keyboard.

Aplikasi ini juga menyediakan berbagai macam tingkat kesulitan dimana kalian akan diminta untuk mengetik lebih cepat dan akurat. Bagi kalian yang ingin menggunakan gamenya silahkan Download DISINI

Itulah beberapa panduan belajar mengetik 10 jari yang bisa kalian coba dan praktekan sendiri. Jadi tergantung kalian mau menggunakan cara yang mana dan yang sesuai dengan keinginan kalian. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua dan buat kalian yang ingin belajar mengetik 10 jari semoga cepat bisa dan mahir, karena dengan kalian menguasai tekhnik mengetik 10 jari ini kalian akan mengehemat banyak waktu dan pekerjaan kalian menajadi lebih efisien.

Posting Komentar untuk "Belajar Mengetik 10 Jari Dengan Mudah dan Cepat"