Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Motivasi Belajar Siswa Menurun Drastis. Ini Solusinya

Motivasi Belajar

Motivasi Belajar Siswa Menurun Drastis. Ini Solusinya

Motivasi Belajar Siswa - Bagi orang tua dan pendidik penting banget menemukan apa motivasi belajar siswa yang proven (terbukti). Perlu digali lebih dalam, mengapa motivasi belajar rendah? Padahal, fasilitas belajar mereka sudah lengkap. Mulai dari buku, tas, meja belajar dan lampu belajar. Semua sudah orang tua siapkan dengan baik. Semua dalam rangka untuk mendukung agar anak semangat belajar.

Tetapi kenyataannya, apa yang orang tua harapkan jauh panggang dari pada api. Semangat belajar mereka menurun dratis. Antusias membacanya, hilang tanpa diminta.

Bagaimana langkah selanjutnya agar semangat belajar mereka tumbuh kembali?

Yuk, simak artikel ini sampai selesai.  

Mengapa Motivasi Belajar Rendah?

Sering kita jumpai anak-anak malas belajar. Mereka maunya mainan smartphone sepanjang hari. Padahal, belajar sangat penting bagi masa depan mereka. Maka guru dan orang tua perlu menggali dan mencari tahu, apa yang menjadi motif anak-anak malas belajar.

Motivasi belajar adalah dorongan belajar siswa baik yang datang dari dalam diri atau pun dari luar dirinya. Dorongan yang paling penting dan permanen adalah dorongan yang datang dari dalam diri mereka sendiri.

Baca Juga :

Apakah dorongan diri dari dalam?

Dorongan dari dalam adalah dorongan belajar yang timbul dari hasrat dan keinginan untuk berhasil, sukses menggapai impian dan cita-cita. Anak-anak yang punya darongan belajar kuat, biasanya mereka sudah menetapkan goal dan impian apa yang mereka inginkan di masa depan.

Dorongan dari luar bisa berupa:

  • Penghargaan
  • Lingkungan belajar yang kondusif
  • Suasana belajar yang menarik

Cara Mengatur Waktu

Sebuah pertanyaan penting, bagaimana cara mengatur waktu? Berikut tips mengatur waktu yang bisa kamu praktikkan agar prestasimu meningkat:

  • Temukan alasan, mengapa kamu harus belajar
  • Temukan lingkungan belajar yang kondusif
  • Cari teman yang bisa memotivasi dan mendorong kamu untuk belajar
  • Buat jadwal harian. Kamu bisa membuatnya sesuai dengan skala prioritas
  • Hindari sesuatu yang mengganggu belajarmu. Misalnya, TV, handphone, game dan permainan

Nah, dari sekian tips belajar ini, kamu perlu menemukan cara mengatur waktu belajar kamu agar lebih efektif dan efisien.

Kesimpulan

Belajar adalah sesuatu yang sangat penting bagi seorang pelajar dan siswa. Tetapi kenyataannya, tidak banyak di antara mereka yang sadar betapa pentingnya belajar. Untuk membangkitkan semangat dan antusiasme mereka dalam belajar, maka mereka membutuhkan motivasi belajar yang tepat dari orang tua dan guru. Orang tua dan guru bisa mempelajari tentang motivasi belajar islami yang tepat untuk putra-putrinya.


Posting Komentar untuk "Motivasi Belajar Siswa Menurun Drastis. Ini Solusinya"