Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Efektif Mengatur Waktu Bagi Pelajar Agar Produktif

Mengatur Waktu

Cara Efektif Mengatur Waktu Bagi Pelajar Agar Produktif

Cara Efektif Mengatur Waktu Bagi Pelajar Agar Produktif - Mengatur waktu adalah faktor penting agar hari harimu lebih produktif dan manfaat. Mengatur waktu secara efektif tidaklah mudah, perlu perencanaan yang matang. Kamu perlu mempelajari bagaimana cara mengatur waktu yang tepat.

Artikel ini akan memandu kamu bagaimana menemukan cara yang tepat dan efisien memanfaatkan waktu lebih  produktif.

Cara Mengatur Waktu Agar Produktif

Sebenarnya ada banyak cara mengatur waktu yang bisa kamu praktikkan untuk memaksimalkan manajemen waktumu. Inilah cara mengelola waktu yang terbukti efektif dan efesien agar kamu tidak merugi:

Temukan Goal Kamu

Seberapa penting goal dalam hidup kamu? Ini adalah pertanyaan fundamental yang perlu kamu jawab segera. Jawaban kamu akan menentukan seberapa penting waktu bagi dirimu sendiri. Banyak orang yang menghabiskan waktu mereka secara sia-sia. Tanpa mereka sadari, setiap hari waktu mereka berkurang sedikit demi sedikit, ahirnya habis.

Maka kata kunci agar kamu bisa produktif dalam mengatur waktu adalah punya goal yang jelas dan spesifik.

Istilahnya kamu perlu punya clarity. Apakah clarity itu?

Clarity adalah kejelasan. Jelas apa yang kamu inginkan. Clear, kamu ingin jadi apa kelak.

Tanpa punya clarity kamu hanya akan berputar-putar ditempat tanpa arah yang jelas. Tuhan sedang menunggu apa yang benar-benar kamu inginkan.

Tentukan Prioritas Waktumu

Prioritas adalah faktor penting kedua setelah kamu punya goal yang jelas. Pada tahap ini, kamu perlu menemukan aktifitas apa saja yang kamu kerjakan setiap hari. Segera buat jadwal dengan bikin corat-coret di atas kertas. tentukan apa yang akan kamu kerjakan besok pagi sampai malam  hari. Hasil coretan kamu akan menjadi pedoman untuk menentukan skala prioritas.

Apakah skala prioritas itu? Skala prioritas adalah menentukan aktifitas apa yang paling urgen (penting) untuk dikerjakan dulu tanpa kompromi.

Secara umum, ada 3 prioritas waktu:

Penting Banget (Waktu Produktif)

Aktifitas yang  penting banget adalah aktifitas yang berhubungan dengan produktifitas kamu. Apa yang mendukung kamu lebih produktif.

Misalnya, kamu seorang penulis maka aktifitas menulis penting banget bagi kamu. Kamu perlu membuat jadwal kapan kamu harus menulis. Kamu seorang pebisnis, maka aktifitas yang penting banget bagi kamu adalah menemukan pasar. Bagaimana cara kamu menjangkau mereka. Membuat penawaran untuk mereka. Evalusi. Dll.

intinya segala aktifitas yang mendukung karir dan kapasitasmu di masa yang akan datang. Prioritas pada aktifitas ini penting banget.

Aktifitas Sedang (Semi produktif)

Aktifitas yang ada hubungannya dengan produktifitas tapi tidak begitu ralated (berhubungan). Misalnya saja, menentukan harga jual produk. Membuat daftar pelanggan , dll.

Aktifitas ini bisa kamu buat pada waktu yang lainnya.

Nggak Penting (main sosial media, browsing di internet)

Ini adalah aktifitas yang sama sekali nggak ada buhungannya dengan produktifitas. Kamu melakukannya semata-mata untuk refreshing dan cari hiburan. Kamu bisa mengambil aktifitas ini di sela-sela aktifitas produktif kamu.

Baca Juga : 

Buat Jadwal Harian

Goal sudah bikin. Prioritas sudah tertulis rapi. Sekarang saatnya membuat jadwal harian sesuai dengan skala prioritas yang sudah kamu buat. Jadwal ini perlu kamu buat secara menyeluruh.

Lantas, seberapa penting membuat jadwal harian? Penting banget.

Semua dalam rangka menjadi panduan kamu agar kamu tidak melenceng dari jadwal yang sudah kamu buat.

Kerjakan Rencamu

Nah, ini lebih penting dari segalanya. Jadwal yang sudah kamu buat, ya harus kamu laksanakan. Kamu perlu konsiten dengan jadwal yang kamu buat. Membuat rencana itu penting tapi melaksanakan rencamu jauh lebih penting. Pepatah bilang plan yourwork dan workyour plan“. Artinya adalah “rencanakan kerjamu. Kerjakan rencanmu”.

 Aplikasi Mengatur Waktu

Untuk bisa konsisten dan disiplin menerapkan rencana yang sudah kamu buat, sering sekali ada hambatan yang datang tanpa kamu harapkan. Iya, kan?

Maka perlu bantuan aplikasi yang  bekerja secara otomatis. Berikut beberapa aplikasi pengatur waktu yang bisa kamu coba:

  1. Forest
  2. Remember The Milk
  3. Rescue Time
  4. Toggl
  5. MyLifeOrganized
  6. Wunderlist
  7. Todoist

Inilah aplikasi yang bisa kamu coba untuk meningkatkan produktifitas kamu.

Kesimpulan

Waktu adalah emas. Begitu pepatah bilang. Memang ada benarnya. Uang hilang,  bisa dicari. Tapi waktu hilang, nggak ada gantinya. Maka kamu perlu strategi bagaimana mengatur waktu secara efektif dan efesien. Dengan penerapan manejemen waktu yang baik, kamu akan mudah meraih apa yang benar-benar kamu inginkan lebih cepat dan lebih produktif.


Posting Komentar untuk "Cara Efektif Mengatur Waktu Bagi Pelajar Agar Produktif"