Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Daftar Shopee Affiliates Program, Pengertian dan Cara Kerja Shopee Affiliates

Cara Daftar Shopee Affiliates Program

Cara Daftar Shopee Affiliates Program, Pengertian dan Cara Kerja Shopee Affiliate

Cara Daftar Shopee Affiliates Program – Di era yang serba digital saat ini kita harus pandai melihat peluang, karena kemajuan teknologi saat ini bisa menjadi ladang penghasilan yang sangat menguntungkan.

Saat ini cukup banyak peluang yang bisa kita manfaatkan misalnya seperti bisnis online, youtuber, selebgram dan program afiliasi, nah pada artikel kali ini kita akan membahas peluang yang bisa manfaatkan untuk bisa mendapatkan penghasilan ialah program afiliasi yaitu Shopee Affiliates.

Mungkin masih banyak yang belum paham dan mengerti apa yang di sebut program afiliasi silahkan simak dan kamu pahami apa itu yang disebut dengan program afiliasi.

Program Afiliasi adalah sebuah program kerja sama yang memungkinkan kamu bisa mendapatkan penghasilan atau komisi apabila kamu berhasil membuat orang lain membeli atau menggunakan sebuah produk dari perusahaan pembuat program afiliasi tersebut.

Setelah kamu mengetahui apa itu program afiliasi maka selanjutnya kita akan membahas sebuah program afiliasi yang saat ini lagi banyak di bicarakan orang – orang yaitu Shopee Affiliates Program.

Apa itu Shopee Affiliates Program?

Shopee Affiliates adalah sebuah program afiliasi resmi dari Shopee, yang bisa di ikuti oleh para pengguna aktif media sosial seperti Youtube, Facebook, Instagram dan berbagai media sosial lainnya. Kemudian para pengguna media sosial atau para influencer tersebut bertugas membagikan link dari berbagai produk dari shopee dan akan mendapatkan imbalan atau komisi setiap ada orang yang membeli produk shopee menggunakan link tersebut.

Jadi program ini merupakan sebuah peluang usaha tanpa modal, program ini juga terbilang sangat menjanjikan karena shopee merupakan salah satu marketplace terbesar di Indonesia dan mereka tidak henti-hentinya memberikan program – program yang menarik minat para calon pembeli seperti gratis ongkir, Bayar di tempat atau COD dan berbagai program lainnya.

Apalagi buat kamu yang mempunyai pengikut (followers) media sosial yang sudah mencapai puluhan ribu, maka peluang orang – orang yang membeli produk shopee melalui link kamu bagikan akan semakin besar. Jadi semakin banyak orang membeli produk shopee melalui link yang anda bagikan maka semakin banyak juga penghasilan yang akan kamu dapatkan.

Keuntungan Mengikuti Shopee Affiliate Program

  • Kamu memiliki kebebasan dalam memilih dan mempromosikan produk sebagai konten
  • Kamu akan mendapatkan komisi dengan mudah, cukup dengan menyebarkan referral link. 
  • Kamu akan mendapatkan komisi 10% bagi pengguna baru akan mendapatkan  komisi 3% pada setiap transaksi
  • Pembayaran akan dilakukan secara transparan sesuai dengan transaksi pembelian dan refferal link.
  • Kamu tidak ada kontrak yang mengikat dengan pihak Shopee terkait pembuatan konten sehingga kamu bisa lebih fleksibel dalam melakukan promosi
  • Kamu bebas memilih produk yang ingin dipromosikan
  • Kamu juga bisa mendapatkan produk dan berbagai macam voucher diskon Shopee

Syarat dan Ketentuan Mengikuti Shopee Affiliate

Kabar baik buat kamu yang ingin mengikuti Shopee Affiliates Program, karena saat ini siapa saja sudah mengikuti program afiliasi ini. Kalau sebelumnya kamu harus mempunyai followers atau subscribe sesuai dengan yang di tentukan oleh pihak shopee, namun saat ini Shopee Affiliates sudah bisa di ikuti oleh siapa saja. 

Namun saat ini ada dua jenis keanggotaan yang berada di Shopee Affiliates Program ini yaitu Shopee Affiliated dan Shopee Influencer. Dan dari kedua keanggotaan tersebut tentu ada perbandingan keuntungan diantara keduanya.

Untuk lebih jelasnya bisa kamu perhatikan pada perbandingan program Shopee Affiliated dan Shopee Influencer berikut ini :

Perbandingan Ketentuan dan Keuntungan Shopee Affiliated dan Shopee Influencer

Shopee Affiliated 

KETENTUAN

Tidak ada minimal Followers/Subscriber ( Bisa Digunakan Semua Pengguna )

Produk Yang dapat di Promosikan ( Star Seller & Shopee Mall )

KEUNTUNGAN 

Perhitungan Komisi : 10% Pengguna Baru 2% Pengguna Lama

Komisi Per Transaksi : Maks Rp.10.000

Shopee Affiliates Team Leader : Tidak Ada

Shopee Affiliates Milestone :  Ada

Produk Gratis : Tidak Ada

Voucher Gratis : Tidak Ada

Penawaran Menarik dari Brand : Tidak Ada

Dapat Mengikuti Campaign Shopee : Tidak Ada

Shopee Influencer

KETENTUAN

Minimal 2000 Followers/Subscriber ( Youtube, Instagram, Tiktok, Twitter, Facebook Personal dan Grup

Produk Yang dapat di Promosikan ( Star Seller & Shopee Mall )

KEUNTUNGAN 

Perhitungan Komisi : 10% Pengguna Baru 3% Pengguna Lama

Komisi Per Transaksi : Maks Rp.10.000

Shopee Affiliates Team Leader :  Ada

Shopee Affiliates Milestone :  Ada

Produk Gratis :  Ada

Voucher Gratis :  Ada

Penawaran Menarik dari Brand :  Ada

Dapat Mengikuti Campaign Shopee :  Ada

Untuk lebih jelasnya perhatikan foto berikut ini :

Cara Daftar Shopee Affiliates

Sebagai catatan buat kamu semua akun media sosial yang digunakan harus dengan pengaturan terbuka untuk umum, tidak berstatus bersifat pribadi dan konten di dalamnya tidak melanggar aturan. 

Kamu juga harus bersedia mematuhi syarat dan ketentuan penyedia layanan selama kamu masih ikut serta dalam program ini.

Sampai disini apakah kamu sudah tertarik dan ingin untuk mengikuti Shopee Affiliates Program ini, ya pasti dong karena program afiliasinya sangat menjanjikan. 

Untuk itu kamu harus mendaftar terlebih dahulu agar kamu bisa mengikuti program afiliasi ini, silahkan simak bagaimana cara daftarnya berikut ini 

Cara Daftar Shopee Affiliate Program

  1. Langkah pertama silahkan kamu buka situs affiliate.shopee.co.id
  2. Buat kamu yang belum punya akun Shopee silahkan buat akun terlebih dahulu dengan cara pilih menu "Daftar".
  3. Selanjutnya silahkan masukkan nomor telepon, atau kamu juga bisa menggunakan Facebook, Google (Gmail), dan akun Apple. Silahkan gunakan sesuai keinginan kamu. Kemudian pilih Berikutnya.
  4. Selanjutnya akan muncul Pop up informasi pengiriman Kode Verifikasi, langsung saja tekan tombol" OK".
  5. Silahkan masukan 6 digit kode OTP yang dikirim ke nomor handphone kamu jika mendaftar menggunakan nomor telepon hal sesuai dengan akun apa yang kamu gunakan pada saat mendaftar kemudian pilih “VERIFIKASI”.
  6. Selanjtnya silahkan kamu buat Password untuk akun Shopee mu, kemudian pilih “DAFTAR
  7. Sampai disini akun Shopee mu sudah selesai dibuat, Selanjutnya kamu akan mendaftar untuk bisa mengikuti program Shopee Affiliate.
  8. Login ke akun Shopee kamu, jika sudah tekan tombol “Daftar Disini
  9. Selanjutnya silahkan isi dengan lengkap formulir pendaftaran. 
  10. Pada tahap pengisian formulir ini terdapat tiga langkah, pastikan kamu mengisinya dengan benar dan hingga selesai.
  11. Kemudian pada langkah terakhir kamu akan diminta untuk menunggu keputusan dari pihak Shopee, biasanya shopee akan memberikan pemberitahuan kembali dalam 5 hari kerja.
Baca Juga :

Bagaimana Cara Kerja Shopee Affiliate? 

Caranya sebenarnya cukup mudah kok, silahkan perhatikan dan simak caranya berikut ini :

  • Setelah pengajuan kamu di setujui, Kamu akan mendapatkan custom link yang ada pada halaman dashbord Shopee Affiliates Program.
  • Selanjutnya kamu cari produk dari Star Seller atau Shopee Mall yang ingin kamu promosikan di akun Media Sosial.
  • Cantumkan referral link produk tersebut ke semua akun media sosial atau website milik kamu.
  • Semakin banyak orang yang melakukan pembelian melalui link produk yang kamu bagikan maka semakin banyak pula komisi yang akan kamu peroleh.
  • Setelah pembeli menyelesaikan transaksiunya, Shopee akan memberikan komisi sesuai dengan harga jual barang yang ada pada link yang kamu bagikan. 

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang di Shopee Affiliates Program?

Cara mendapatkan uang di program afiliasi ini sebanarnya cukup mudah akan tetapi kamu dituntut agar lebih kreatif dengan melakukan cara kerja sesuai yang sudah kita bahas di atas tadi. 

Kamu harus lebih sering – sering melakukan promosi sampai kamu berhasil mendapatkan banyak pembeli dari link yang kamu sebarkan di akun media sosial. Sehingga kamu akan mendapatkan uang atau komisi pada setiap transaksi atau pembelian produk melalui link yang kamu bagikan.

Jadi semakin banyak orang – orang yang melakukan pembelian produk shopee melalui link yang kamu bagikan, maka semakin banyak pula uang yang kamu dapatkan dari program afiliasi ini.

Tips dan Trik Agar Mendapat Banyak Pembeli

  • Harus konsisten dalam menjalankan program dari Shopee Affiliates Program
  • Carilah produk atau barang yang banyak peminatnya atau produk yang lagi trend
  • Buatlah video review produk dari Shopee semenarik mungkin sehingga mengundang banyak orang ingin menonton video tersebut dan jangan lupa sampaikan link produk tersebut, sehingga ketika orang – orang tertarik dengan produk tersebut mereka dengan mudah menemukan dan membelinya.
  • Maksimalkan semua akun media sosial yang kamu miliki, dengan cara menyebar referral link pada setiap akun media sosial yang kamu miliki
  • Cantumkan link referral di deskripsi, Caption, Bio dan Kolom komentar, agar semua orang melihat dan tertarik untuk membeli produk tesebut.
  • Jika kamu sudah melakukan bebarapa tips dan trik di atas, maka kamu tinggal menunggu para pembeli berdatangan kepada mu untuk melakukan pembelian.

Kapan Komisi Dibayarkan?

Pihak Shopee akan membayarkan komisi kamu berupa isi saldo akun setiap dua minggu sekali dengan catatan pendapatan minimal Rp10.000 pada tanggal pembayaran yang telah ditentukan. Jika pendapatanmu kurang dari Rp10.000, maka pihak Shopee tidak akan membayarkan komisi mu. Hal ini sudah menjadi ketentuan dari Shopee Affiliates Program

Penyebab Komisi Tidak Dibayarkan

Ada beberapa penyebab kenapa pihak shopee tidak membayarkan komisi anda :

  • Pendapatan komis tidak sesuai target pada waktu pembayaran
  • Transaksi pembelian barang atau produk belum selesai
  • Transaksi yang dianggap curang oleh Shopee
  • Adanya kerjasama antara penjual dan pembeli, misalnya afiliasi membeli produk melalui tautan afiliasi.
  • Transaksi yang dibatalkan atau bisa juga produk atau dana yang  diminta dikembalikan.
  • Pembelian barang melalui tautan/link yang ada di media yang berisi konten yang mengandung sara.
  • Pembelian produk melalui tautan yang tujuannya ingin menjual kembali barang tersebut.

Itulah beberapa hal yang penting untuk di perhatikan, karena beberapa penyebab di atas tersebut komisi kamu tidak dibayarkan. Untuk itu, ikutilah aturan yang menjadi ketentuan Shopee dalam program ini.

Kesimpulan 

Program afiliasi ini merupakan peluang usaha sampingan yang sangat menjanjikan, disamping tidak membutuhkan modal cara menjalankan program ini juga bisa di katakan sangat mudah. Ya meskipun kamu harus di tuntut untuk lebih kreatif dalam melakukan promosi produk – produk yang ingin kamu jual.

Jadi kamu tidak perlu ragu lagi untuk mengikuti program afiliasi ini, silahkan melakukan pendaftaran dan ikuti beberapa tips dan trik di atas sehingga kamu bisa mendapatkan penghasilan sesuai dengan yang kamu inginkan. Cukup sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba dan semoga sukses.

Posting Komentar untuk "Cara Daftar Shopee Affiliates Program, Pengertian dan Cara Kerja Shopee Affiliates"