Niat dan Tata Cara Mandi Wajib Yang Benar Sesuai Dengan Ajaran Islam

Niat dan Tata Cara Mandi Wajib Yang Benar
Onmaibana.com- Niat dan Tata Cara Mandi Wajib Yang Benar- Dalam agama islam ada istilah mandi wajib atau mandi besar yang bertujuan untuk membersihkan tubuh dan mensucikan diri dari hadast besar. Dalam syariat islam mandi wajib adalah mandi dengan menuangkan air keseluruh tubuh dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadast besar.

Untuk itu bagi setiap muslim sudah seharusnya kita mengetahui niat dan tata cara mandi wajib yang benar sesuai dengan sunnah dan tuntunan agama islam. Karena ketika hendak melakukan ibadah seperti sholat dan ibadah – ibadah lainnya kita harus bersih dan suci dari hadast kecil dan hadast besar. Untuk membersihkan diri dari hadast kecil kita harus berwudhu sedangkan untuk menghilangkan hadast besar kita harus mandi wajib terlebih dahulu dengan niat dan tata cara yangh benar.

Kemudian hal apa saja yang menyebabkan seorang muslim baik laki – laki maupun perempuan untuk melakukan mandi wajib, setidaknya ada lima hal yang menyebabkan seorang muslim untuk melakukan mandi wajib yaitu : 
  • Keluarnya Air Mani Dengan Syahwat
  • Berhubungan Suami Istri Meskipun Tidak Keluar Mani
  • Setelah Berhentinya Darah Haid dan Nifas
  • Ketika Orang Kafir Masuk Islam 
  • Ketika Seorang Muslim Meninggal Dunia.
Beberapa dasar hukum yang menyebabkan kita mandi adalah seperti Firman Allah SWT dalam QS. Al Maidah: 6 dan QS. An-Nisa': 43 sebagai berikut  :

"Dan jika kamu junub, maka mandilah." (QS. Al Maidah: 6).  

"Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu salat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekadar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau datang dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun." (QS. An-Nisa': 43).

Baca Juga : 
Niat Mandi Wajib
Sebenarnya ada perbedaan pada niat mandi wajib karena beda penyebab mandinya maka meda pula niat mandi wajibnya, akan tetapi ada juga niat untuk secara keseluruhan yaitu niat tentang membersihkan diri dari hadast besar. Untuk lebih jelasnya silahkan simak berikut ini :

Niat Mandi Wajib Secara Umum
NAWAITUL GHUSLA LIRAF 'IL HADATSIL AKBARI FARDHAL LILLAAHI TA'AALA

Artinya: Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadas besar fardu kerena Allah ta'ala.

Niat Mandi Wajib Jika Disebabkan Junub, Mimpi Basah, Keluar Mani dan Senggama 
NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAL JANABATI FARDLON LILLAHI TA’ALA 
Artinya : Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari jinabah, fardlu karena Allah Ta’ala

Niat Mandi Wajib Jika Disebabkan Karena Haid 
NAWAITUL GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAL HAIDI FARDLON LILLAHI TA’ALA 
Artinya : Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari haidl, fardlu karena Allah Ta’ala

Niat Mandi Wajib Jika Disebabkan Karena Nifas
NAWAITU GHUSLA LIRAF’IL HADATSIL AKBAR MINAN NIFASI FARDLON LILLAHI TA’ALA 
Artinya : Aku niat mandi untuk menghilangkan hadats besar dari nifas, fardlu karena Allah Ta’ala

Tata Cara Mandi Wajib Yang Baik dan Benar
Tata cara mandi wajib untuk perempuan yang baru selesai haid, nifas, atau lelaki yang baru bersyahwat tidak ada perbedaan atau bisa dibilang sama saja. Yang membedakan hany pada niat yang dibaca sebelum melakukan mandi wajib. Langsung saja simak tata cara mandi wajib berikut ini lengkap sesuai dengan urutannya.
  • Langkah pertama adalah membaca niat mandi wajib terlebih dahulu sesuai dengan niat penyebab mandi wajibnya. Hukum membaca niat sebelum mandi adalah wajib, karena niat inilah yang membedakan mandi wajib dan mandi biasa. Sedangkan untuk pengucapan niatnya bisa dilakukan dengan bersuara maupun didalam hati.
  • Selanjutnya bersihkan kedua telapak tangan sebanyak 3 kali, kemudian membersihkan dubur dan alat kemaluan, mencuci tangan lakukan sampai 3 kali agar tangan bersih dan terhindar dari najis.
  • Bersihkanlah kemaluan dari kotoran yang menempel di sekitarnya dengan tangan kiri. Dan juga bagian tubuh yang tersembunyi seperti kemaluan, dubur, bawah ketiak, pusar dan lain–lain.
  • Selanjutnya cuci tangan dengan menggosok-gosoknya dengan tanah atau sabun. Setelah membersihkan bagian tubuh yang kotor dan tersembunyi, kemudian tangan jangan lupa dicuci ulang. 
  • Kemudian berwudhulah dengan wudhu yang sempurna seperti ketika kita akan salat, dimulai dari membasuh tangan sampai membasuh kaki.
  • Kemudian masukkan tangan ke dalam air, kemudian sela pangkal rambut dengan jari-jari tangan sampai menyentuh kulit kepala. Jika sudah, guyur kepala dengan air sebanyak 3 kali. Pastikan pangkal rambut juga terkena air.( untuk wanita tidak perlu melakukan hal ini )
  • Kemudian bilaslah seluruh tubuh dengan mengguyurkan air. Dimulai dari sisi yang kanan, lalu lanjutkan dengan sisi tubuh kiri.
  • Saat menjalankan tata cara mandi wajib, pastikan seluruh anggota tubuh dan juga lipatan-lipatan kulit dan bagian tersembunyi ikut dibersihkan.
Itulah penjelasan seputar niat dan tata cara mandi wajib yang baik dan benar sesuai dengan sunnah dan anjuran agama islam. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan serta bisa kita amalkan dalam kehidupan sehari – hari. Dan tidak salah – salah lagi dalam melakukan dan melaksanakan mandi wajib. 




Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Niat dan Tata Cara Mandi Wajib Yang Benar Sesuai Dengan Ajaran Islam"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan seputar blog dan artikel ini silahkan berikan komentar yang baik dan sesuai dengan isi artikelnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel