Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengirim File atau Video Berukuran Besar Lewat Whatsapp

Cara Mengirim Video Berukuran Besar Lewat Whatapp
Onmaibana.comCara Mengirim File atau Video Berukuran Besar Lewat Whatapp – Whatsaap merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk keperluan chatting dan juga video call dan telponan. Aplikasi ini juga mempunyai banyak fitur yang sangat bermanfaat dalam kehidupan kita sehari – hari, seperti mengirim dan menerima berbagai jenis media mulai dari dokumen, foto, audio dan juga video dan penggunaanya juga sangat mudah.

Namun pernahkah anda mengirim file atau video yang berukuran besar dan berdurasi panjang mengalami kegagalan yang terkirim hanya beberapa detik video saja. Hal tersebut karena whatsapp mempunyai satu aturan dalam hal ukuran maksimal video yang bisa kita kirim melalui whatsapp yaitu hanya 16 MB saja.

Hal tersebut membuat sebagian pengguna whatsapp merasa bingung dan tidak tahu caranya agar video mereka yang berukuran besar bisa di kirim lewat whatsapp. namun sebenarnya anda tidak perlu bingung karena ada solusi atau cara yang bisa kita gunakan agar file atau video berukuran besar bisa kita kirimkan lewat whatsapp.

Langsung saja berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan agar video berukuran besar tersebut bisa kita kirim lewat whatsapp.

1. Menggunakan Google Drive
Cara pertama yang bisa kita gunakan agar file atau video berukuran besar adalah google drive, biasanya setiap ponsel android aplikasi ini sudah ada disediakan. Google Drive ini merupakan sebuah platform dari google yang mempunyai fungsi untuk penyimpanan di internet. ikuti langkah – langkah penggunaanya berikut ini :
  • Langkah pertama silahkan buka aplikasi Google Drive yang ada di ponsel anda, dan kalau kalian belum punya aplikasinya silahkan download DISINI.
Cara Mengirim  Video Berukuran Besar Lewat Whatapp
  • Selanjutnya silahkan pilih menu Tambah, kemudian pilih Upload 
Cara Mengirim Video Berukuran Besar Lewat WhatappCara Mengirim  Video Berukuran Besar Lewat Whatapp
  • Kemudian pilih video yang ingin anda kirimkan dan tunggu proses upload sampai selesai
  • Setelah videonya berhasil di upload, silahkan pilih menu titik tiga, kemudian pilih Salin Link
Cara Mengirim Video Berukuran Besar Lewat Whatapp
  • Selanjutnya silahkan buka aplikasi whatsapp, kemudian pilih kontak yang ingin anda kirimkan video tersebut. selanjutnya silahkan tempel link yang sudah di salin tadi.
Cara Mengirim Video Berukuran Besar Lewat WhatappCara Mengirim Video Berukuran Besar Lewat Whatapp
  • Selanjutnya tinggal pilih Kirim, maka video yang berukuran besar tadi sudah berhasil anda kirmkan. Ketika orang tersebut membuka link yang anda kirim, maka secara otomatis akan menuju google drive.  Kemudian tinggal download videonya. Cara ini juga bisa kita lakukan kalau yang mau kita kirimkan berupa dokumen dengan ukuran yang besar.
2. Menggunakan Youtube 
Cara kedua yang bisa kita lakukan agar video berukuran besar bisa kita kirimkan lewat whatsapp adalah dengan menggunakan youtube, sama halnya dengan menggunakan google drive diatas yaitu kita copy link videonya kemudian kita bagikan melalui whatsapp. ikuti langkah – langkahnya berikut ini :
  • Langkah pertama kita harus upload terlebih dahulu video yang ingin kita kirimkan ke akun youtube kita.
  • Setelah videonya berhasil di upload, kemudian silahkan pilih titik tiga, Kemudian pilih Bagikan
Cara Mengirim Video Berukuran Besar Lewat WhatappCara Mengirim Video Berukuran Besar Lewat Whatapp
  • Selanjutnya silahkan pilih whatsapp maka otomatis akan masuk ke whatsapp.
Cara Mengirim  Video Berukuran Besar Lewat Whatapp
  • Selanjutnya pilih kontak yang ingin anda kirimkan video tersebut, kemudian kita tinggal pilih kirim. 
Cara Mengirim Video Berukuran Besar Lewat WhatappCara Mengirim Video Berukuran Besar Lewat Whatapp
  • Maka video yang berukuran besar tadi sudah berhasil anda kirimkan, nantinya sipenerima tinggal download video yuotube tersebut.
3. Mengurangi Ukuran Video Sebelum Dikirim
Cara ketiga kita juga bisa mengirimkan video berukuran besar dengan cara mengurangi ukuran video tersebut menggunakan aplikasi kompres agar sesuai dengan ketentuan maksimal pengiriman di whatsapp. ikuti langkah – langkahnya berikut ini :
Cara Mengirim Video Berukuran Besar Lewat Whatapp
  • Setelah berhasil menginstal apliksinya, selanjutnya buka aplikasi Panda Video Compressor kemudian pilih video yang ingin kita kompres.
Cara Mengirim Video Berukuran Besar Lewat Whatapp
  • Kemudian silahkan pilih dan tentukan ukuran video sesuai dengan yang kita inginkan, setidaknya ada tiga pilihan yaitu Kecil, Medium, dan Besar.
Cara Mengirim Video Berukuran Besar Lewat Whatapp
  • Setelah kualitas videonya sudah kita pilih, selanjutnya tinggal kompres videonya dengan cara tekan Compress
Cara Mengirim Video Berukuran Besar Lewat Whatapp
  • Silahkan tunggu proses kompresnya sampai selesai, kemudian pilih Simpan, selain menyimpan video kalian juga bisa membagikan langsung dan juga bisan ganti videonya.
Cara Mengirim  Video Berukuran Besar Lewat Whatapp
  • Sampai disini video anda sudah berhasil di kompres dan sudah berkurang ukurannya, silahkan di cek videonya di penyimpanan video ponsel anda. jadi kamu tinggal kirim langsung videonya lewatr whatsapp.
Anda bisa saja menggunakan beberapa aplikasi atau cara memperkecil ukuran video lainnya yang menurut anda cocok dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Baca Juga :
Namun kalau menurut anda cara memperkecil ukuran video ini memiliki kelemahan karena kualitas videonya bisa saja berubah dan tidak sebagus aslinya. Kalian juga bisa membagi videonya menjadi dua atau menjadi beberapa bagian dengan menggunakan aplikasi yang ada di android. Nah selanjutnya kalian tinggal kirim deh videonya.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan agar bisa mengirim file atau video berukuran besar yang lebih dari 16 MB, jadi tergantung anda mau memilih cara yang mana karena beberapa cara diatas sama – sama bisa kita gunakan untuk mengirim file atau video berukuran besar. Jadi jangan bingung lagi kalau mau kirim video berukuran besar dan juga berdurasi panjang, kan sudah tahu caranya. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita, selamat mencoba dan semoga sukses.


Posting Komentar untuk "3 Cara Mengirim File atau Video Berukuran Besar Lewat Whatsapp"