Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat Puasa Untuk Kesehatan
Onmaibana.comManfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh – Berpuasa merupakan salah satu kewajiban yang harus dikerjakan kepada setiap muslim selama sebulan penuh yaitu pada bulan ramahan. Sehingga ketika datang bulan ramadhan kita selaku ummat muslim akan bergembira dan berdoa dengan penuh harapan agar dipanjangkan umur sehingga kita bisa mengisi bulan ramadhan dengan berbagai amalan baik di siang hari maupun di malam hari.

Namun perlu sama – sama kita ketahui bahwa berpuasa tidak hanya sekedar belajar ikhlas, sabar dan juga untuk menjalankan perintah agama, akan tetapi dengan berpuasa juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan tubuh kita dengan melaksanakan berpuasa. Jadi disamping kita menjalankan kewajiban kita sebagi seorang muslim kita juga mendapatkan manfaat kesehatan untuk tubuh kita.

Langsung saja berikut ini beberapa manfaat yang kita dapatkan untuk kesehatan tubuh kita ketika kita melaksanakan ibadah puasa :

1. Menurunkan Berat Badan
Dengan berpuasa rutin selama bulan ramadhan tentunya akan membantu untuk menurunkan berat badan kita, karena pada saat kita berpuasa tubuh kita tidak menerima asupan apapun selama kurang lebih 12 jam. Namun sebenarnya fase puasa yang terjadi didalam tubuh kita dimulai sejak 8 jam setelah makanan terakhir masuk kedalam tubuh kita. karena sistem pencernaan kita selesai mencerna seluruh zat gizi yang ada di dalam tubuh kita terjadi kira – kira 8 jam setelah makanan terakhir yang masuk kedalam tubuh kita.

Nah setelah makanan selesai dicerna, tubuh kita akan menggunakan cadanan energi yang terdapat di dalam organ – organ tubuh kita. karena dalam keadaan normalnya, cadangan glukosa yang disimpan di hati  dan otot kita yaitu dalam bentuk glikogen yang merupakan sumber energi utama tubuh kita. dan pada saat kita berpuasa cadangan glukosa tersebut akan digunakan pertama kali oleh tubuh kita sebagai sumber energi, nah setelah cadangan glukosa dari hati dan otot kita habis maka selanjutnya lemak yang ada di dalam tubuh kitalah yang akan menjadi sumber energi bagi tubuh kita, sehingga sangat berpotensi untuk menurunkan berat badan kita.

2. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit
Sangat erat kaitannya dengan poin yang diatas bahwa ketika kita berpuasa tubuh kita bisa menggunakan lemak sebagai sumber energy utama tubuh kita, maka proses detoksifikasi juga bisa terjadi. Hal tersebut bisa terjadi karena racun – racu yang tersimpan dalam lemak yang ada di tubuh kita akan dikeluarkan dari tubuh kita seiring dengan digunakannya lemak sebagai sumber energy bagi tubuh kita. Sehingga dengan dikeluarkannya racun – racun yang tersimpan dalam lemak yang ada di tubuh kita maka hal tersebut bisa mengurangi resiko kita terkena penyakit.

3. Menurunkan Tekanan Darah
Dengan berpuasa bisa juga menurunkan tekanan darah seseorang, karena ketika menjalankan ibadah puasa asupan yang masuk kedalam tubuh kita tidak ada sama sekali. Namun tidak hanya berpuasa saja yang bisa menurunkan tekanan darah, akan tetapi asupan garam yang secara signifikan lebih rendah dan peningkatan kita kehilangan garam melalui urine kita.

Hal tersebut bisa dibuktikan dengan penelitian yang di lansir dari National Center for Biotechnology Information (NCBI) pada tahun 2017dengan mempunyai sekitar 110 orang dewasa sebagai bentuk pembuktian penelitan apakah berpuasa bisa menurunkan gula darah dan yang lainnya. dan hasilnya 110 orang dewasa tersebut mendapatkan penurunan secara signifikan terhadap tekan darah mereka serta kadar trigliserida darah, kolesterol total dan kolesterol jahat LDL.

4. Menurunkan Gula Darah
Dengan berpuasa berarti menahan lapar dan haus, bisa menurun kadar gula darah kita hingga lebih dari 30 %. Hal ini merupakan hasil yang cukup signifikan bagi siapa saja yang menderita hiperglikemia atau kadar gula tinggi. Namun meskipun begitu kadar gula yang ada di dalam tubuh kita harus tetap stabil saat kita menjalankan ibadah puasa. Karena penurunan gula darah akan mengakibatkan tubuh kita terasa kurang berenegi.

Baca Juga :
5. Menyehatkan Jantung
Ternyata dengan kita melaksanakan puasa bisa juga menyehatkan jantung kita, hal ini bisa kita lihat dari sebuah penelitian yang menunjukkan bawah orang – orang yang melaksanakan puasa sebulan sekali memiliki resiko sekitar 58 % lebih rendah dibandingkan orang – orang yang tidak menjalankan puasa. Tidak hanya itu, ada berbagai penelitian lainnya juga yang menyatakan bahwa dengan berpuasa bisa mengurangi resistensi insulin yang menjadi penyebab diabetes. Namun tentunya beberape penelitian tersebut masih perlu dilakukan lebih mendalam. 

6. Meningkatkan Fungsi Otak
Dengan berpuasa juga bisa meningkatkan fungsi otak kita, hal ini bisa kita lihat dari pendapat para ahli bahwa berpuasa dapat merangsang pelepasan BDNF (brain-derived neurothropic factor) pada otak kita. BDNF ini mempunyai fungsi untuk membantu tubuh kita meningkatkan fungsi otak dan memproduksi lebih banyak sel-sel otak. Tidak hanya itu BDNF juga dapat melindungi sel-sel otak serta mengurangi depresi sekaligus resiko terkena demensia atau pikun.

7. Membantu Menghilangkan Kecanduan
Berpuasa adalah menahan diri dari makan dan minum dan juga hal – hal yang membatalkan puasa, jadi ketika kita berpuasa maka tubuh kita akan mendapatkan kesempatan untuk beristirahat sejenak dari berbagai makanan sehari – hari yang kita konsumsi kurang baik. Itu artinya kalau kita mempunyai suatu jenis kecanduan terhadap makanan dan minuman seperti gula, kopi dan berbagai jenis makanan lainnya. Dengan berpuasa maka kita tidak bisa lagi mengonsumsi berbagai makanan dan minuman tersebut, sehingga dengan kebiasaan tersebut nantinya bisa terbawa sampai bulan puasa sudah selesai.

8. Awet Muda
Dengan berpuasa juga bisa membuat kita menjadi awet muda, karena dengan berpuasa tubuh kita akan menghentikan sementara atau mengurangi proses metabolism di dalam tubuh kita. yang khususnya pada saluran pencernaan kita, nah penghentian proses metabolisme inilah yang bisa menghambat penuaan dini sehingga kita akan terlihat awet muda. Tidak hanya itu dengan berpuasa juga dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh kita secara signifikan dan sekaligus meningkatkan antioksidan yang juga bisa membuat kita terlihat awet muda.

Nah itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan untuk kesehatan kita pada saat kita melaksanakan ibadah puasa. jadi selain dapat pahala kita juga bisa mendapatkan manfaat untuk kesehatan tubuh kita. semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasa kita.

Posting Komentar untuk "8 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Yang Wajib Anda Ketahui"