Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Waktu Mustajab Untuk Berdoa Agar Doa Kita Cepat Dikabulkan Oleh Allah SWT

 Waktu Mustajab Untuk Berdoa
Onmaibana.com - Waktu Mustajab Untuk Berdoa Agar Doa Kita Cepat Terkabulkan -  Berdoa merupakan salah satu cara kita menyampaikan dan meminta sesuatu kepada Allah SWT dan dengan berdoa juga adalah sebagai bentuk kerendahan diri kita sebagai makhluk ciptaaNya.

Bedoa sangat dianjurkan dalam islam dan Allah SWT langsung memerintahkan kepada kita untuk berdoa agar Allah SWT mengabulkan permintaan kita. tidak hanya itu Allah SWT melaknat orang yang tidak mau berdoa kepadaNya. Hal tersebut bisa kita lihat dalam Firman Allah SWT dalam QS. Ghafir : 60.

ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Berdoalah kepadaKu, Aku akan kabulkan doa kalian. Sungguh orang-orang yang menyombongkan diri karena enggan beribadah kepada-Ku, akan dimasukkan ke dalam neraka Jahannam dalam keadaan hina dina” (QS. Ghafir: 60)

Kita sebagai manusia pasti sangat menginginkan permintaannya dikabulkan oleh Allah SWT, untuk itu kita perlu mengetahui waktu – waktu yang mustajab atau yang sangat bagus untuk berdoa. Dimana ketika berdoa dan meminta apa yang kita inginkan akan cepat terkabulkan.

Langsung saja berikut ini beberapa waktu mustajab untuk berdoa agar doa kita cepat dikabulkan oleh Allah SWT

1. Pada Waktu Sepertiga Malam Terakhir
Sudah sangat sering kita mendengar kalau salah satu waktu yang paling bagus untuk berdoa agar doa kita cepat terkabulkan adalah pada waktu sepertiga malam. Bayangkan saja disaat semua manusia sedang tertidur dengan nyenak kita justru bangun sholat dan berdoa kepada Allah SWT.

Hal tersebut bisa kita lihat pada hadist nabi Muhammad SAW yang di riwayatkan oleh Bukhari, Muslim berikut ini :

Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman : “Orang yang berdoa kepada-Ku akan Aku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni.(H.R. Bukhari, Muslim)

2. Pada Waktu Sujud Dalam Sholat
Waktu yang bagus untuk berdoa agar doa kita cepat terkabul berikutnya adalah pada saat kita sujud dalam waktu sholat karena pada saat sujud tersebut merupakan waktu yang paling dekat antara seorang hamba dengan Allah SWT.
Hal tersebut bisa kita lihat dari hadist Nabi Muhammad SAW yang di riwayatkan oleh Imam Muslim berikut ini :

Seorang hamba yang berada paling dekat dengan Rabb-nya ialah ketika ia sedang bersujud. Maka perbanyaklah berdoa ketika itu.” (H.R. Muslim)

3. Pada Waktu Malam Lailatul Qadar
Setiap ummat Muslim pasti sudah tahu betapa mulianya malam Lailatul Qadar sehingga semua orang berlomba – lomba untuk menemukan malam tersebut, bagaimana tidak karena malam Lailatul Qadar itu adalah malam seribu bulan.

Oleh karena itu kita sangat dianjurkan untuk banyak – banyak ibadah dan berdoa, hal tersebut bisa kita lihat dalam hadist yang diriwayatkan oleh Imam Tirmidzi, Ibnu Majah berikut ini :

 “Aku bertanya kepada Rasulullah : Wahai Rasulullah, menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan malam Lailatul Qadar? Beliau bersabda : “Berdoalah,  Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni (Artinya : ‘Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku.(H.R. Tirmidzi, Ibnu Majah)

4. Pada Waktu Adzan Berkumandang
Mungkin kita juga sering mendengar kalau pada waktu adzan berkumandang agar menghentikan aktivitas dan kegiatan kita. hal tersebut tidak hanya untuk mendengar dan menghargai adzan akan tetapi kita juga bisa untuk memanfaatkan waktu tersebut untuk berdoa, karena salah satu waktu dimana doa kita dikabulkan atak kecil kemungkinannya untuk di tolak adalah pada waktu adzan.

Hal tersebut bisa kita lihat pada hadits Nabi Muahmmad SWA yang di riwayatkan oleh iman Abu Daud berikut ini :

 “Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang.(H.R. Abu Daud)

5. Pada Waktu Antara Adzan dan Iqamah
Waktu yang sangat bagus untuk berdoa tidak hanya pada saat adzan berkumandang akan tetapi pada waktu antara adzan dan iqamah juga sangat bagus dan mustajab untuk kita gunakan berdoa.

Hal tersebut bisa kita lihat pada hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Iman Tirmidzi berikut ini :

Doa diantara adzan dan iqamah tidak tertolak.” (H.R. Tirmidzi)

6. Pada Waktu Hujan Turun
Kita sering mendengar kalau hujan merupakan rahmat dan anugerah dari Allah SWT. Oleh karena itu ketika hujan turun merupakan waktu yang baik dan mustajab untuk berdoa namun masih banyak orang yang belum mengetahui hal tersebut.

Hal ini bisa kita lihat dari hadist yang diriwayatkan oleh imam Al – Hakim berikut ini :

 “Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun.(H.R Al-Hakim)

Baca Juga : 
7. Pada Saat Hari Jumat
Hari Jumat merupakan hari yang sangat mulia dan berkah sehingga kita sangat dianjurkan untuk banyak – banyak melakukan ibadah dan kebaikan pada saat hari jumat.

Hal tersebut bisa kita perhatikan dalam hadits yang diriwayatkan oleh imam Bukhari, Muslim berikut ini :
 “Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta.” Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.(H.R. Bukhari, Muslim)

Akan tetapi ada beberapa pendapat dari para ulama pada saat kapan waktu yang sebentar tersebut yaitu dengan beberapa pendapat berikut ini :
  •  “Waktu tersebut adalah ketika imam naik mimbar sampai shalat Jum’at selesai.” (H.R. Muslim). Pendapat ini diikuti oleh Imam Muslim, An-Nawawi, Al-Qurthubi, Ibnul Arabi dan Al-Baihaqi.
  • “Dalam 12 jam hari Jum’at ada satu waktu, jika seorang muslim meminta sesuatu kepada Allah SWT pasti akan dikabulkan. Carilah waktu itu di waktu setelah ashar.” (H.R. Abu Daud). Pendapat ini dipilih oleh At Tirmidzi, dan Ibnu Qayyim Al-Jauziyyah. Pendapat ini juga yang lebih masyhur dikalangan para ulama.

8. Saat hari Rabu antara Dzuhuhr dan Ashar
Selain hari jumat waktu yang baik untuk berdoa juga ada pada hari rabu yaitu tepatnya pada waktu antara Dzuhur dan Ashar, namun hal tersebut tidak banyak orang yang tahu. Hal tersebut bisa kita lihat dari sebuah riwayat yang diceritakan oleh Jabir bin Abdillah r.a. berikut ini :

 “Nabi SAW berdoa di Masjid Al-Fath 3 kali, yaitu hari Senin, Selasa dan Rabu. Pada hari Rabu lah doanya dikabulkan, yaitu diantara dua shalat. Ini diketahui dari kegembiraan di wajah beliau.  Berkata Jabir : “Tidaklah suatu perkara penting yang berat pada saya kecuali saya memilih waktu ini untuk berdoa,dan saya mendapati dikabulkannya doa saya.

Dan dalam riwayat lain disebutkan : “Pada hari Rabu lah doanya dikabulkan, yaitu di antara shalat Dhuhur dan Ashar.(H.R. Ahmad)

9. Pada Waktu Berjihad atau Berperang di Jalan Allah
Salah satu waktu yang sangat bagus untuk kita gunakan untuk berdoa adalah pada saat kita berjihad atau berperang di Jalan Allah SWT. Hal tersebut bisa kita lihat dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh imam Abu Daud berikut ini :

 “Doa tidak tertolak pada dua waktu, atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya. Yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang.(H.R. Abu Daud)

10. Pada Saat di Hari Arafah
Hari Arafah juga merupakan hari yang sangat baik untuk kita gunakan untuk berdoa agar doa – doa kita cepat terkabulkan. Hari Arafah meruapakan hari dimana saat wukuf di Arafah yang tepatnya pada tanggal 9 Dzulhijjah oleh karena itu perbanyaklah berdoa di hari tersebut.

Hal tersebut bisa kita lihat dari hadits yang diriwayatkan oleh imam At-Tirmidzi berikut ini :

 “Doa yang terbaik adalah doa ketika hari Arafah.(H.R. At-Tirmidzi)

11. Saat Kita Dizholimi
Hal ini sudah sangat sering kita dengar kalau doa orang – orang yang terdzholimi sangat mudah dan akan di dengar oleh Allah SWT. Oleh karena itu selayaknyalah kita untuk berhati – hati agar tidak menyakiti apalagi mendzholimi orang lain.

Hal tersebut bisa kita lihat dari hadits yang diriwayatkan oleh Hakim – sanad sahih

 “Hendaklah kamu waspada terhadap doa orang dizalimi. Sesungguhnya doa itu akan naik ke langit amat pantas seumpama api marak ke udara.” (Hadis Riwayat Hakim – sanad sahih).  

Dan juga hadits yang diriwayatkan oleh imam Tirmidzi, Ibnu Hibban berikut ini :

Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terdhalimi. (H.R. Tirmidzi, Ibnu Hibban)

12. Saat Sahur dan Berbuka Puasa
Doa orang yang berpuasa adalah sangat didengar oleh Allah SWT, khususnya ketika orang tersebut ketika sahur dan berbuka. Oleh karena itu berdoalah ketika anda berpuasa pada saat sahur dan berbuka puasa.

Hal tersebut bisa kita lihat dalam hadits nabi Muahammad SAW yang diriwayatkan oleh imam Tirmidzi, Ibnu Hibban berikut ini :

 “Ada tiga doa yang tidak tertolak. Doanya orang yang berpuasa ketika berbuka, doanya pemimpin yang adil dan doanya orang yang terdhalimi.(H.R. Tirmidzi, Ibnu Hibban)

13. Saat Selesai Sholat Wajib
Salah satu waktu yang baik dan mustajab untuk berdoa adalah ketika kita selesai sholat wajib, maka hendaklah kita berzikir dan berdoa setelah kita selesai sholat wajib.

Hal tersebut bisa kita lihat pada hadits yang diriwayatkan oleh imam Tirmidzi berikut ini :

 “Dari abu umamah ra, sesungguhnya Rasulullah saw ditanya tentang doa yang paling didengar oleh Allah swt, beliau menjawab. Di pertengahan malam yang akhir dan setiap selesai shalat fardhu. ( HR. Tirmidzi )

Nah itulah beberapa waktu yang baik dan mustajab untuk kita gunakan untuk berdoa, agar doa dan keinginginan kita cepat dikabulkan oleh Allah SWT. Kita tinggal membiasakan kapan dan diwaktu mana saja kita berdoa yang sesuai dengan beberapa waktu tersebut diatas. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan buat kita semua.





Posting Komentar untuk "13 Waktu Mustajab Untuk Berdoa Agar Doa Kita Cepat Dikabulkan Oleh Allah SWT"