google.com, pub-5388171159716165, DIRECT, f08c47fec0942fa0 13 Pertanyaan Yang Sering Muncul Pada Saat Interview Kerja - Onmaibana.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

13 Pertanyaan Yang Sering Muncul Pada Saat Interview Kerja

Pertanyaan Yang Sering Muncul Pada Saat Interview Kerja
Pertanyaan Yang Sering Muncul Pada Saat Interview Kerja – Saat ini interview merupakan salah satu tahapan yang harus dilalui oleh para pelamar kerja, biasanya interview merupakan tahapan yang paling terkahir setelah kita mengikuti beberapa tahapan seperti ujian tertulis maupun praktek baru kemudian kita akan memasuki tahap interview.

Karena tahap interview ini sangat menentukan dan akan memperlihatkan siapa diri kita dan apakah kita layak untuk diterima bekerja dalah perusahaan yang kita lamarkan, sehingga banyak sekali para pelamar kerja yang merasa takut, gugup, keringat dingin dan pikiran serasa kosong dan mampet khususnya bagi mereka yang baru pertama kali mengikuti interview kerja.

Untuk itu sangat penting untuk mempersiapkan diri kita dengan sebaik – baiknya sebelum kita dinterview oleh para HRD perusahaan yang sudah siap dengan berbagai jenis pertanyaan yang akan membuat kita bingung untuk menjawabnya. Jadi salah satu persiapan yang harus kita pahami adalah pertanyaan – pertanyaan yang sering muncul pada saat interview kerja dan kita juga harus mempersiapkan jawabannya dengan baik dan benar.

Langsung saja silahkan simak beberapa pertanyaan yang sering muncul pada saat interview kerja dan cara menjawabnya berikut ini :

1. Bisakah Anda menceritakan tentang diri Anda?
Pertanyaan ini sudah pasti ada dalam setiap interview kerja, walaupun pertanyaannya terlihat simpel dan sederhana namun pertanyaan ini sangat penting. Jadi silahkan memperkenalkan diri anda namun jangan hanya menyampaikan riwayat hidup karena hal tersebut sudah ada di Curicullum Vitade.

Berikanlah informasi – informasi yang menunjukkan kamu layak untuk mendaptkan pekerjaan yang anda lamarkan, Meski terkesan sederhana dan simpel, pertanyaan ini sangat penting. Kuncinya, jangan seperti membacakan riwayat hidup. Itu semua sudah ada di CV. Sebaliknya, berikan informasi-informasi yang tegas dan menarik serta menunjukkan mengapa kamu layak mendapatkan pekerjaan tersebut. Mulailah dengan 2 atau 3 pencapaian atau pengalaman terbaikmu dan tutup dengan pengalaman terkini yang membuatmu memiliki status, pekerjaan atau jabatanmu saat ini. 

2. Kenapa kami harus mempekerjakan Anda?
Pertanyaan ini sangat lugas dan tegas, namun buat kalian yang mendapatkan pertanyaa ini ketika interview  merupakan sebuah keberuntungan. Karena kalian mempunyai kesempatan untuk memberikan jawaban yang menjual kemampuan dan skillmu, oleh karena itu jawablah pertanyaan tersebut dengan jelas dan jangan bertele – tele serta jangan lupa menyampaikan apa saja kelebihan dan skill yang kamu punya kepada sang pewawancara 

3. Kenapa Anda berhenti dari pekerjaan lama Anda?
Pertanyaan ini akan muncul jika kalian sudah mempunyai pengalaman pekerjaan dan membuatnya di dalam Curicullum Vitade kalian. Pewawancara ingin mengetahui penyebab atau latarbelakang anda kenapa berhenti atau mengundurkan diri dari perusahaan sebelumnya tempat anda bekerja.

Jawablah pertnyaan tersebut dengan tenang namun perlu anda perhatikan sebaiknya anda tidak perlu menyebutkan konflik pribadi yang menyebabkan anda keluar atau mengundurkan diri dari perusahaan sebelumnya anda bekerja. Kemudian jangan terlalu fokus terhadap penyebab anda berhenti atau mengundurkan diri, akan tetapi berikanlah jawaban dengan alasan mencari pengalaman baru dan juga mencari posisi yang lebih baik yang sesuai dengan skill dan kemampuan anda. sehingga anda terlihat mempunyai keinginanan yang besar untuk bekerja dan berkembang diperusahaan yang sedang anda lamarkan.

4. Berapa gaji yang Anda inginkan?
Pertanyaan ini pasti akan kalian temukan dalam sesi wawancara, jadi sebelum  tahap interview kalian sudah riset dan mengetahui soal kisaran gaji di posisi yang kamu lamar. Dalam menjawab pertanyaan ini kalian harus hati – hati jangan mengajukan gaji yang terlalu besar, akan tetapi ajukanlah nominal gaji yang masuk akal dan setara dengan yang sudah anda riset. Tentunya juga harus sesuai dengan latar belakang pendidikan, pengalaman dan skill yang anda miliki.

5. Apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini?
Pada pertanyaan ini tentu pewawancara ingin mengetahui seberapa besar keinginan anda untuk bekerja di perusahaan mereka dan seberapa jauh anda mengenal perusahaan tersebut. oleh karena itu sebelum masuk ke tahap wawancara kalian sangat dianjurkan untuk mencarai informasi dan sejarah dari perusahaan yang kalian lamanrkan. Setidaknya kalian sudah mengetahui beberapa hal penting tentang perusahaan tersebut seperti profil perusahaan, sejarah, filosofi dan visi misi perusahaan serta berbagai keunggulan perusahaan tersebut.

Satu hal yang perlu kalian ketahui jangan pernah membandingkan perusahaan yang anda lamar dengan perusahaan tempata anda bekerja sebelumnya, dan juga jangan pernah memberikan jawaban yang menjelek – jelekkan perusahaan dengan pendapat pribadi anda yang kurang baik baik terhadap perusahaan sebelumnya maupun perusahaan yang anda lamar. Akan tetapi tunjukkan minat yang besar anda terhadap perusahaan dengan keunggulan – keunggulan yang perusahaan miliki.

6. Mengapa Anda ingin bekerja di perusahaan ini?
Pertanyaan ini sangat erat dengan petanyaan yang nomor lima karena dengan mengajukan pertanyaan ini pewawancara ingin mengetahui seberapa besar minat dan keinginan anda untuk bergabung dan berkerja untuk perusahaan tersebut. dalam menjawab petanyaan ini kalian harus menghindari beberapa jawaban seperti ingin gaji yang tinggi, kurang nyaman ditempat kerja sebelumnya, atasan keras dan sering semena – mena dan berbagai masalah negative anda di perusahaan sebelumnya tempat anda bekerja.

Akan tetapi jawablah dengan jawaban positif seperti tertarik dengan visi misi perusahaan dan juga sangat ingin bekerja sama dengan peerusahaan yang mempunyai banyak keunggulan, kalau perlu sebutkan beberapa keunggulan perusahaan tersebut sehingga anda terlihat mempunyai minat yang sangat besar untuk bekerja dan bergabung di perusahaan tersebut.

Baca Juga :
7. Apa pendapat Anda tentang bos Anda sebelumnya?
Dengan mengajukan pertanyaan ini, si pewancara ingin mengetahui karakter pribadi anda apakah anda termasuk seorang yang suka membicarakan keburukan orang lain atau bisa di bilang bos atau atasan anda. kalian jangan sampai memberikan jawaban yang salah sehingga menceritakan semua maslah pribadi anda dengan atasan anda dulu karena mungkin kalian masih benci atau tidak suka kepadanya.

Akan tetapi berikanlah jawaban dengan berbagai sikap yang anda sukai terhdap bos anda sebelumnya. Dan jangan sampai anda menceritakan kejelekan dari mantan bos anda sebelumnya karena hal tersebut merupakan salah satu kesalahan yang akan menunjukkan kalau anda tidak mempunyai respek terhadap atasan.

8. Bagaimana Caramu Beradaptasi dengan Lingkungan Kerja Baru?
Pertanyaan ini terlihat sederhana namun sebenarnya mempunyai makna yang dalam dan bisa mempengaruhi karir anda di dalam perusahaan tersbut ketika kalian diterima. Karena pada hari – hari pertama kita bekerja semuanya harus menyesuaikan kembali sehingga kita terlihat gugup.

Dan tidak sedikit pula para kariyawan baru yang bisa melewati masa penyesuaian dirinya dengan lingkungan kerjanya yang baru, yang akhirnya mereka lebih memilih untuk mengundurkan diri. Hal tersebut disebabkan karena berbagai hal seperti kurang nyaman, tidak bisa menyesuaikan diri sehingga diperlukan juga kesiapan mental yang kuat.

Jawablah pertanyaan ini dengan menjelaskan diri anda merupakan orang yang terbuka terhadap orang – orang baru dan situasi dan perubahan, dan jelaskan juga bagaimana anda melakukan seperti banyak bertanya kepada kariyawan lama dan kalau perlu tanyakan langsung mengenai aturan dan budaya yang ada dikantor tersebut. sehingga anda terlihat antusias untuk bekerja dan bergabung dengan perusahaan tersebut.

9. Bagaimana Caramu Memecahkan Masalah?
Pertanyaan ini sangat penting untuk mengetahui sikap anda dalam menangai permasalahan dalam pekerjaan, maka berikanlah jawabanmu dengan memberikan pandapat melalui sudut pandangmu terhadap permasalahan tersebut. cari dan kenali penyebab masalah,lakukan pendekatan terhadap masalah dengan mencari solusi yang sesuai. Intinya berikan jawaban anda sesuai dengan pengalaman anda dalam memecahkan sebuah masalah dan dalam menjawab pertanyaan ini anda harus tenang dan jangan tergesah – gesah.

10. Apa Rencana Jangka Pendek dan Jangka Panjang Untuk Perusahaan?
Untuk menjawab pertanyaan ini anda perlu mengetahui lebih dalam informasi perusahaan yang anda lamar khususnya di posisi yang anda lamarkan. Kemudian ceritakan kepada pewawancara bahwa anda sudah mengetahui seluk beluk dan tantangan yang akan anda hadapi di dalam perusahaan dan sebutkanlah rencana anda dalam jangka pendek dan jangka panjang sesuai dengan yang sudah anda cari informasinya sesuai dengan posisi anda dan sebutkan kontribusi yang akan anda berikan untuk rencana tersebut baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

11. Berapa Gaji Kamu Ditempat Kerja Sebelumnya ?
Pertanyaan ini juga biasanya akan muncul karena si pewawancara ingin tahu sebenarnya berapa gaji yang cocok dan pas buat anda, hal ini sangat berkaitan dengan pertanyaan nomor empat jika kalian menyebutkan gaji yang kalian inginkan jauh dari gaji kalian sebelumnya dari situ saja sipewawancara sudah mengetahui karakter dan sikap anda dalam melamar kerja di perusahaan mereka.

Oleh karena itu jawablah dengan sejujurnya berapa gaji anda ditempat kerja anda sebelumnya, karena ada juga HRD yang meminta slip gaji untuk melihat betul atau tidak gaji kita sesuai dengan yang kita katakana.

12. Apa itu sukses menurut Anda?
Pertanyaan ini juga sangat sering muncul dan biasanya akan di ajukan pada sesi akhir – akhir wawancara, pertanyaannya sangat sederhana akan tetapi bisa juga menjebak karena sukses mempunyai definisi yang sangat luas dan bisa juga berarti sukses yang anda inginkan di masa yang akan datang. Maka berikanlah jawaban anda dengan berbagai keberhasilan dan pencapaian dalam hidup anda, dan juga jangan lupa menyampaikan kesuksesan yang anda raih yang berhubungan dengan posisi yang anda lamarkan.

13. Ada pertanyaan yang ingin Anda ajukan?
Dan pada akhirnya anda akan diberikan satu pertanyaan yang akan memberikan kesempatan kepada anda untuk bertanya dan mengetahui lebih banyak informasi tentang perusahaan dan juga posisi yang kamu inginkan. Oleh karena itu cobalah menanyakan beberapa keunggulan dan pencapaian perusahaan dan juga posisi yang anda lamarkan.

Nah itulah beberapa pertanyaan yang sering muncul pada saat interview kerja, untuk itu kalian bisa mempelajari dari beberap pertanyaan diatas agar pada saat interview kalian lebih santai rileks pada saat memberikan jawaban terhadap pertanyaan pertanyaan yang di ajukan oleh si pewawancara. Semoga bermanfaat dan bisa membantu, semoga berhasil dan diterima lamaran kerjanya.

Posting Komentar untuk "13 Pertanyaan Yang Sering Muncul Pada Saat Interview Kerja"