Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Kipas Angin Tanpa Membongkar

Cara Membersihkan Kipas Angin Tanpa Membongkar

Cara Membersihkan Kipas Angin Tanpa Membongkar - Jika kamu mempunyai kipas angin dirumah dan sering malas membersihkannya karena harus membongkar kipasnya terlebih dulu baru bisa kamu bersihkan, sementara kipas angina harus sering – sering dibersihkan biar tidak menimbulkan penyakit.

Tapi kamu tidak perlu khawatir karena pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara membersihkan kipas angin tanpa membongkar, sehingga kamu tidak perlu lagi capek – capek untuk membongkar kipas untuk menghilangkan debu baik yang di dalam maupun debu diluar kipas. 

Untuk itu simak terus artikel ini sampai selesai agar kamu tidak ketinggal dengan tips dan cara membersihkan kipas angin tanpa membongkar ini yang dijamin sangat bermanfaat dan membuat kamu selalu bersemangan untuk membersihkan kipas angin yang ada dirumah.

Cara Membersihkan Kipas Angin Tanpa Membongkar

Sebenarnya cara membersihkan kipas angin sangat mudah dilakukan tanpa harus membongkar kipas, asalkan kamu tahu cara dan bahan apa saja yang harus dibutuhkan untuk membersihkannya.

Simak berikut ini beberapa cara membersihkan kipas angin tanpa harus membongkar :

1. Menggunakan Cuka dan Backing Soda

Kamu bisa membersihkan kipas angina tanpa membongkarkan dengan menggunakan bahan cuka dan backing soda serta tambahan sedikit sabun pencuci piring. 

  • Langkah pertama kamu harus menyiapkan larutan perbersih tersebut yaitu setengah gelas cuka dan dua atau tiga sendok makan baking soda dan tambahkan dua sendok makan sabun pencuci piring seperti sunlinght atau merek lain.
  • Selanjutnya masukkan semua bahan secara berurutan ke dalam satu wadah,kemudian aduk sampai semua bahan menyatu dan merata.
  • Kemudian masukkan larutan tersebut ke dalam botol semprot. Selanjutnya semprotkan cairan tersebut ke tumpukan debu kipas angina dan jangan lupa untuk kocok terlebih dahulu sebelum menyemprotkannya. 
  • Setelah debu dan kotoran pada kipas disemprot, kemudian bungkus kepala kipas angin dengan plastik.
  • Tunggu hingga 5 sampai 10 menit, kemudian nyalakan kipas maka debu dan kotoran akan rontok di plastik.

2. Membersihkan Kipas dengan Kompresor

Kamu bisa membersihkan kipas angina dengan mudah menggunakan kompresor udara tanpa harus membongkar kipasnya. Cara ini sudah sering digunakan dan terbukti efektif untuk membersihkan kipas dari debu dan kotoran.

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membawa kipas ke ruang terbuka agar debu dan kotorannya tidak bertahan di dalam rumah, selanjutya kamu tinggal membersihkan kipas dengan cara mengarahkan agin kompresor ke ke debu dan kotoran yang menempel pada kipas.

Untuk sisa – sisa debu bagian yang sulit dijangkau, kamu bisa menggunakan yang dibungkus kain mikro fiber atau kamu bisa menggunakan cara pertama untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Baca Juga :

3. Memakai Pengering Rambut

Cara membersihkan kipas angin tanpa membongkar juga bisa kamu lakukakn dengan menggunakan pengering rambut. Arahkan pengering rambut ke kipas yang mau dibersihkan dan beri jarak sekitar 10 – 20 centi meter Kemudian ubah settingan udara paling tinggi pada pengering rambut agar lebih maksimal.

Maka debu-debu yang ada pada kipas dan permukaan baling-baling kipas angin akan keluar. Namun perlu diperhatikan jika debu dan kotorannya sudah terlalu tebal maka cara ini akan kurang maksimal.

4. Bersihkan dengan Blower

Jika kamu mempunyai blower dirumah kamu bisa menggunakan alat ini untuk memberihkan kipas angin tanpa membongkar. Caranya kamu perlu membawa kipasnya keluar ruangan, jika mempunyai plastik tutup dengan plastik agar kotoran dan debunya tidak menyebar kemana – mana. 

Kemudian gunakan blowernya untuk merontokkan debu – debu dari baling – baling maupun dari bagian terluar dari kipas, namun jika debu dan kotorannya sudah terlalu tebal maka cara ini tidak akan maksimal atau bahkan tidak bisa gunakan sama sekali.

5. Bersihkan dengan Penyedot Debu

Cara membersihkan kipas angain tanpa membongkar terakhir yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan penyedot debu dan cara ini cukup mudah untuk dilakukan. Kamu cukup membawa kipas keluar rumah dan selanjutnya tinggal kamu lakukan pembersihan dengan cara menyedot debu dari bagian dalam maupun luar kipas.

Nah itulah beberapa cara membersihkan kipas angina tanpa membongkar yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah, jadi kamu tinggal pilih mau menggunakan cara yang mana dan tentunya berbeda cara maka akan berbeda pula nanti hasilnya. Semoga bermanfaat dan bisa membantu buat siapa saja merasa kesusahan ketika akan membersihkan kipas angin dirumahnya.

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan Kipas Angin Tanpa Membongkar"