Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Handuk Yang Dekil dan Menghitam

Cara Membersihkan Handuk Yang Dekil dan Menghitam

Cara Membersihkan Handuk Yang Dekil dan Menghitam - Handuk merupakan suatu perlengkapan yang harus disediakan dalam setiap rumah tangga, karena handuk ini mempunyai fungsi dan manfaat yang harus digunakan oleh setiap orang dalam setiap harinya untuk mengeringkan badan yang basah setelah selesai mandi.

Untuk itu kita harus memastikan kalau handuk yang kita gunakan selalu bersih dan terhindar dari noda dan kotoran, karena kebersihan handuk yang kita pakai sangat berpengaruh pada kesehatan kulit kita.

Oleh karena itu kita harus selalu menjaga kebersihan handuk yang kita gunakan yaitu dengan cara membersihkan handuk secara berkala, karena kalau handuk kita biarkan kotor akan menjadi tempat bakteri dan kuman.

Cara membersihkan handuk juga tidak bisa sembarang karena handuk berbeda dengan jenis pakaian lainnya, apalagi handuk yang mau kamu bersihkan sudah dekil dan menghitam. 

Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir, meskipun handuk yang kamu miliki sudah dekil dan menghitam kamu jangan buru – buru untuk membuangnya dan mengganti dengan yang baru.

Karena pada artikel ini, kita akan membahasa bagaimana cara membersihkan handuk yang dekil dan sudah menghitam dengan menggunakan bahan – bahan sederhana dan bisa membuat handuk yang tadinya dekil dan menghitam berubah menjadi bersih dan keliahatan seperti baru.

Untuk itu berikut ini cara membersihkan handuk yang dekil dan menghitam dengan mudah dan tampak seperti baru lagi :

Cara Membersihkan Handuk Yang Dekil dan Menghitam

1. Cuci Handuk Menggunakan Cuka

Cara pertama yang bisa kamu coba untuk membersihkan hantuk yang dekil yaitu dengan mencuci handuk menggunakan cuka, ketika mencuci handuk jangan mencuci dengan pakaian lain yang memiliki warna yang kontras. Hal ini bertujuan untuk mencegah warna handuk tidak luntur.

  • Langkah pertama tambahkan sedikit deterjen untuk membersihkan noda dan kotoran yang menempel pada handuk. 
  • Selanjutnya, tuangkan sekitar ½ hingga 1 cangkir cuka ke dalam air selama proses pembilasan. Cuka tersebut akan membantu mengatur warna dan menghilangkan residu deterjen berlebih pada handuk.

2. Cuci Handuk Menggunakan Pemutih

Cara ini merupakan cara yang paling banyak digunakan, Pemutih pakaian atau klorin dapat membantu kamu dalam membersihkan handuk yang dekil. Untuk menghilangkan noda membandel, Anda bisa menambahkannya pada air rendaman. 

Perlu kamu perhatikan pada saat mencuci handuk putih maka tambahkan pemutih klorin atau non-klorin ke wadah. Namun jika handuk yang kamu cuci kombinasi handuk putih/terang dan handuk gelap, maka gunakan pemutih yang aman untuk kain berwarna. 

3. Pakai Baking Soda

Baking soda atau soda kue juga bisa kamu gunakan untuk mencuci handuk yang dekil dan menghitam. Baking soda atau soda kue juga bisa mengurangi bau tidak sedap pada handuk.

  • Langkah pertama tuangkan 1/2 cangkir baking soda ke dalam air rendaman handuk.
  • Kemudian, bilas handuk dan cuci kembali menggunakan deterjen. 
  • Selanjutya keringkan handuk dibawah sinar matahari agar handuk tidak lembab.

4. Menggunakan Sitrun

Cara berikutnya yang bisa kamu coba untuk membersihkan handuk yang dekil adalah dengan merendam handuk pada air yang sudah dilarutkan sitrun.

sitrun merupakan senyawa asam pada buah jeruk yang bisa dimanfaatkan sebagai pengasam makanan. Akan tetapi sitrun juga tersedia dalam bentuk bubuk kristal yang bisa kamu gunakan untuk pembersih.

  • Langkah pertama larutkan sitrun menggunakan air panas dengan takaran yang disesuaikan dengan kebutuhan. 
  • Kemudian rendam handuk di larutan sitrun tadi selama 1-2 jam. 
  • Setelah direndam 1 sampai 2 jam, kemduian tambahkan deterjen ke dalam air rendaman tersebut dan cuci handuk seperti biasanya. 
  • Kemudian keringkan handuk sampai benar – benar kering.
Baca Juga :

5. Cuci Handuk Menggunakan Sasa (Micin)

Cara terakhir yang bisa kamu coba untuk membersihkan handuk yang dekil adalah dengan cara mencuci handuk menggunakan sasa (micin). Simak caranya berikut ini :

  • Langkah pertama tuangkan air dingin dan air panas ke dalam ember
  • Kemudain masukkan sasa (micin) dan detergen cair, lalu aduk-aduk sampai semua bahan tercampur merata
  • Setelah bahan tercampur dengan baik, kemudian masukkan handuk dan rendam selama 20 sampai 30 menit.
  • Selanjutnya angkat handuk dari rendaman , jika kamu masih melihat handuk kotor maka gunakan cara berikutnya dengan menggosok handuk menggunakan sikat pakaian. Bila perlu tambahkan sabun cuci baju pada saat menggosok handuk
  • Setelah selesai menggosok seluruh kotoran pada handuk, selanjutnya bilas handuk sampai bersih kemudian keringkan handuk sampai benar – benar kering.

Tips dan Cara Mencuci Handuk Yang Baik

1. Pastikan kamu mencuci handuk sudah benar – benar bersih apalagi kamu orangnya yang suka menambahkan pelembut pada pakaian. Karena menambahkan pelembut kain ke siklus pembilasan akan menjebak kotoran di dalam serat, meninggalkan handuk kotor.

2. Jangan terjebak dengan wewangian pelembut, meskipun sebenarnya handuk masih wangi akan tetapi jika rasanya handuk sudah waktunya di cuci maka segeralah mencuci handuk, karena handuk harus benar – benar dibersihkan secara berkala.

3. Wewangian pelembut kain juga bisa melapisi serat yang menyebabkan handuk menjadi kurang menyerap, jadi hindari menambahkan pelembut terlalu banyak dan terlalu sering..

4. Hindari mencuci handuk pribadi bersamaan dengan handuk orang lain. Karena bisa jadi noda dan kotoran yang ada pada handuk orang lain bisa menempel dan melekat ke handuk yang kamu gunakan.

5. Setelah handuk cuci, handuk harus dijemur sampai benar – benar kering untuk menghindari lembab pada handuk karena ketika handuk lembab bisa menjadi sarang bakteri dan kuman.

Nah itulah beberapa cara membersihkan handuk yang dekil dan menghitam, silahkan kamu pilih mau menggunakan cara yang mana menurut kamu yang lebih bagus dan mudah untuk di kerjakan. Semoga artikel ini bermanfaat buat siapa saja yang sedang mencari cara membersihkan handuk yang dekil dan menghitam.

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan Handuk Yang Dekil dan Menghitam "