Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Setrika Yang Lengket Dengan Mudah Menggunakan Bahan Sederhana

Cara Membersihkan Setrika Yang Lengket
Cara Membersihkan Setrika Yang Lengket – Menyetrika merupakan kegitan yang sering dilakukan dalam setiap rumah tangga agar pakaian yang dikenakan selalu terlihat rapi, namun pernah kamu mengalami pada saat menyetrika pakaian tiba – tiba alat setrika yang kamu pake lengket.

Jika alat setrika tersebut tetap digunakan untuk menyetrika maka akan mengakibatkan kerusakan pada pakaian atau bisa juga meninggalkan noda hitam dan berkerak pada pakaian. 

Biasanya yang menyebabkan setrika lengket adalah dikarenakan kamu menyetrika baju bersablon atau baju yang kamu setrika mempunyai kandungan plastik dan ketika baju tersebut terkena panas maka kandungan plastik pada baju tersebut meleleh. 

Kalau kamu pernah atau sedang mengalami setrika yang lengket, kamu tidak perlu khawatir atau sampai mau mengganti setrika yang baru, karena setrika yang lengket masih bisa kamu bersihkan dengan mudah dengan menggunakan bahan sederhana yang ada dirumah.

Untuk itu simak berikut ini beberapa cara membersihkan setrika yang lengket dengan mudah dan menggunakan bahan sederhana : 

Cara Membersihkan Setrika Yang Lengket

1. Daun Pisang

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan lengket di setrika yaitu menggunakan daun pisang. Siapkan beberapa lembaran daun pisang dan letakkan di meja tempat menyetrika, kemudian panaskan alat setrika yang lengket tadi.

Selanjutnya jika alat setrika sudah panas, gosokkan setrika yang lengket secara perlahan ke lembaran daun pisang yang sudah kamu sediakan sampai lapisan lengket plastik pada setrika berpindah ke alas daun pisang.

Lakukan cara ini berulang – ulang hingga lapisan lengket pada setrika benar – benar sudah bersih, sehingga kamu bisa menggunakannya kembali.

2. Lelehan Lilin

Bahan selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan setrika yang lengket adalah lelehan lilin. Caranya cukup mudah langkah pertama panaskan setrika yang lengket, setelah alat setrika panas kemudian gosokkan setrika tersebut pada lelehan lilin hingga seluruh permukaan setrika tertutup dengan lelehan lilin. 

Lakukan cara ini berulang – ulang agar hasilnya benar – benar sesuai dengan yang diinginkan dan setrika bisa kamu gunakan kembali untuk menyetrika pakaian.

3. Pasta gigi

Cara membersihkan setrika yang lengket selanjutnya yaitu menggunakan bahan pasta gigi atau odol. Pasta gigi memiliki kandungan formula abrasif yang bisa mengangkat noda lengket atau berkerak.

Cara penggunaanya berbeda dengan cara sebelumnya, karena kalau menggunakan pasta gigi tidak disarankan menggunakan cara ini pada saat setrika menyala atau saat mengeluarkan uap panas, jadi cara ini bisa kamu gunakan ketika setrika benar – benar dalam kondisi dingin dan tidak sedang dicolokkan ke listrik.

Caranya cukup mudah letakkan pasta gigi secukupnya ke alas setrika yang lengket, kemudian gunakan kain basah dan gosok pelan – pelan ke bagian setrika yang lengket sampai lapisan lengket tersebut benar – benar bersih dan setrika bisa kamu gunakan kembali.

Baca Juga :

4. Garam

Kamu juga bisa membersihkan setrika lengket dengan menggunakan garam dapur, cara ini juga bisa kamu gunakan hanya pada saat setrika tidak menyala dan dalam kondisi dingin.

Caranya tuangkan garam dapur secukupnya dan tambahkan sedikit cuka makan. kemudian aduk kedua bahan tersebut sampai teksturnya menyerupai pasta.

Selanjutnya gosok bagian tapak setrika yang lengket dengan pasta ini dengan menggunakan kain bersih basah untuk menyeka sisa-sisa pasta dari alas setrika.

5. Baking Soda

Soda Kue atau baking soda juga bisa kamu gunakan untuk membersihkan setrika yang lengket, jika selama ini baking soda digunakan sebagai bahan makanan atau kue, baking soda juga sangat efektif untuk mengangkat noda lengket di setrika.

Cara membersihkan setrika yang lengket dengan baking soda juga cukup mudah. Yaitu kamu cukup menuangkan sedikit baking soda ke mangkuk kemudian tambah sedikit air sampai kental seperti pasta.

Kemdian oleskan pasta baking soda tersebut ke setrika lengket, untuk hasil yang bagus gunakan sikat gigi bekas dan gosok pelan - pelan. Lakukan cara ini sampai noda lengket pada setrika bernar – benar bersih. Kemudian lap bagian alasnya menggunakan kain basah dan lihat hasilnya setrika sudah bisa kamu gunakan kembali

6. Cuka Putih

Cara membersihkan setrika lengket selanjutnya yang bisa kamu coba di rumah adalah dengan menggunakan cuka putih, Cuka putih atau vinegar ini cukup dicampur dengan air sudah bisa membersihkan setrika yang lengket.

Cara ini hampir sama dengan cara diatas, caranya tuangkan cuka dan air kedalam mangkuk dengan takaran 1:1, selanjutnya gosok pelan – pelan tapak setrika yang lengket menggunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan noda lengket pada setrika. 

Lakukan cara ini sampai lapisan lengket pada tapak setrika benar – benar bersih, kemudian lap dengan kain bersih dan setrika kamu sudah bisa digunakan kembali.

7. Aseton

Jika kamu tidak mengetahui apa itu aseton, aseton adalah salah satu bahan penghapus cat kuku yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan setrika lengket. Cara ini bisa kamu gunakan dengan mengambil kapas dan celupkan ke dalam aseton atau penghapus cat kuku. 

Selanjutnya usapkan kapas yang sudah dicelup ke aseton di sepanjang permukaan setrika panas dan kamu perlu hati – hati ketika melakukan ini karena kalau tidak hati – hati maka tangan akan terekena panas setrika.

Setelah aseton diusapkan maka aseto tersebut akan melarutkan noda yang lengket pada setrika dalam waktu singkat. Lakukan cara ini di luar ruangan atau ruang terbuka untuk menghindari hewan peliharaan agar ia tidak menghirup asap kimia.

8. Lap Basah

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan setrika lengket adalah cukup dengan menggunakan kain lap basah, jika kamu malas dan tidak mau repot dengan bebera cara diatas. 

Kamu bisa mencoba dengan menggunakan kain lab basah ini yaitu dengan cara menyiapkan kain yang dibasahi dengan air kemudian di peras sampai terlihat mulai mengering. Selanjutnya gunakan kain lap basah tersebut untuk menggosok bagian setrika yang lengket.

Lakukan menggosok sampai noda pada setrika benar-benar hilang dan tidak lagi lengket akan tetapi akan sedikit lebih lama karena tidak menggunakan bahan tambahan yang berfungsi untuk mengangkat noda lengket pada setrika.

Nah itulah beberapa cara membersihkan setrika lengket yang bisa kamu lakukan dengan mudah dirumah dan menggunkan bahan – bahan sederhanya yang ada di rumah. Semoga bermanfaat dan bisa membantu buat siapa saja mengalami setrika lengket.

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan Setrika Yang Lengket Dengan Mudah Menggunakan Bahan Sederhana"