Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Helm Yang Lecet dan Kusam

Cara Membersihkan Helm Yang Lecet dan Kusam

Cara Membersihkan Helm Yang Lecet dan Kusam – Helm merupakan sebuah alat pelindung kepala yang dirancang untuk mengurangi resiko cedera kepala pada saat terjadi hal – hal yang tidak di inginkan seperti kecelakaan, jatuh atau kena benturan keras.

Pada umumnya helm digunakan oleh orang – orang yang bekerja dan beraktivitas di lingkungan berbahaya atau mempunyai resiko tinggi seperti mereka yang bekerja di pabrik, proyek konstruksi atau yang lebih sering kita lihat adalah pengendara sepeda motor, pesepeda dan pemain skateboard.

Nah agar sesuai dengan fungisnya untuk melindungi kepala ketika terjadi kecelakaan, maka helm dibuat dengan bahan yang kuat dan tahan lama seperti polikarbonat, serat karbon, atau komposit yang  dirancang untuk menahan benturan dan melindungi kepala dari cedera yang serius.

Helm juga terdapat berbagai model dan tampilan yang berbeda – beda hal tersebut disesuaikan dengan fungsi dan keperluan utamanya yang berbeda – beda juga.

Namun setelah helm sering digunakan untuk keperluan sehari – hari. helm bisa mengalami kerusakan dan tampilannya juga menjadi kusam dan banyak lecet.

Meskipun sebenarnya kondisi helm yang kusam dan lecet tidak terlalu mengurangi fungsi dan manfaatnya, akan tetapi akan mengurangi kepercayaan diri bagi yang menggunakan helm tersebut.

Untuk itu sangat penting untuk selalu menjaga dan merawat helm, menjaga helm agar selalu terlihat bersih dan bagus ketika kita menggunakannya dan tentunya helm masih berfungsi dengan baik.

Berikut ini beberapa langkah yang bisa kamu lakukan ketika ingin membersihkan helm agar bersih dan terlilhat seperti baru kembali :

Cara Membersihkan Helm Yang Lecet Dan Kusam

1. Langkah pertama kamu harus menyiapkan air sabun yaitu campuran sabun cuci piring atau jika kamu mempunyai sabun untuk pembersih helm kedalam satu tempat yang agak besar agar nantinya pada saat membersihkan helm menjadi lebih mudah.

2. Kemudian selanjutnya kamu lepaskan semua aksesoris helm yang bisa dilepas seperti visor dan liner dan kemudian masukkan kedalam tempat air sabun yang sudah di sediakan dan rendam dalam air sabun tersebut hingga beberapa menit. 

3. Selanjutnya celupkan alat alat pembersih helm spons atau kain lembut ke dalam air sabun, kemudian bersihkan helm dengan cara menggosokkan kain atau sposn pada helm secara perlahan dan tentunya harus hati – hati, agar tidak terjadi goresan – goresan pada helm. Lakukan cara ini sampai helm benar – benar sudah digosok baik bagian dalam maupun luar.

4. Jika merasa sudah bersih selanjutnya bilas helm dengan menggunkan air bersih hingga tidak ada lagi menyisakan kotoran dan air sabun pada helm.

5. Selanjutnya kamu tinggal mengeringkan helm dengan kain atau handuk bersih dan tunggu sampai helm benar – benar sudah kering dan jangan menyimpan helm jika yang masih basah karena akan mengakibatkan tumbuh jamur dan menimbulkan bau tidak sedap.

6. Sambil menunggu helm benar – benar kering selanjutnya kamu membersihkan visor dan linernya dengan menggunakan kain lembut, jika sudah bersih dan helm sudah kering silahkan pasang kembali visor dan linernya.

Cara Membersihkan Kaca Helm

Ada beberapa langkah yang dapat kamau lakukan unutk membersihkan Kaca Helm :

  • Langkah pertama siapkan sabun cuci piring atau pembersih kaca untuk membersihkan kaca helm.
  • Selanjutnya basahi kaca helm dengan menggunakan air untuk menghilangkan kotoran dan debu yang menempel pada kaca helm.
  • Kemudian tuangkan sedikit sabun atau pembersih kaca pada kain mikrofiber atau spons yang lembut dan usapkan pada kaca helm secara perlahan – lahan dan jangan menggosok kaca terlalau kuat karena dapat mengakibatkan kerusakan pada kaca helm.
  • Selanjutnya kamu tinggal membilas dengan air bersih dan pastikan tidak ada lagi kotoran atau sabun yang tersisah pada kaca helm.
  • Kemudian kaca helm kamu keringkan dengan menggunakan kain bersih dan lembut.
  • Namun jika kaca helm tergores kamu bisa menghilangkan goresan – goresan tersebut menggunakan penghilang baret kaca helm yang tersedia di toko aksesoris sepeda motor.
Baca Juga :

Tips Merawat Helm Agar Tidak Cepat Lecet dan Kusam

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk merawat helm yang kamu punya agar tidak cepat lecet dan kusam :

Menyimpan helm dengan benar

Jika helm sedang tidak kamu gunakan maka simpanlah helm tersebut helm di tempat yang aman dan kering dan tidak terkena debu, dan hindari menyimpannya di tempat yang terlalu panas atau terkena sinar matahari secara langsung. Pastikan pada saat menyimpan helm tidak akan terjatuh atau terbentur dengan apapun di tempat penyimpanan.

Bersihkan Helm Secara Berkala

Membersihkan helm secara teratur merupakan salah satu tips untuk merawat helm agar tidak cepat lecet dan kusam, Bersihkanlah helm setiap seminggu sekali atau setelah digunakan dalam perjalanan atau cuaca buruk.

Dalam melakukan pembersihan jangan menggunakan sabun yang keras atau berbahan kimia yang dapat merusak permukaan helm. Gunakan sabun ringan atau sabun khusus pembersih helm dan gosok serta keringkan helm dengan kain yang lembut.

Nah itulah cara membersihkan helm yang lecet dan kusam yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan helm yang kamu miliki secara berkala, semoga bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai tips dan cara untuk membersihkan helm buat siapa saja yang membaca artikel ini.

Posting Komentar untuk "Cara Membersihkan Helm Yang Lecet dan Kusam"