Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mencuci Celana Jeans Agar Tidak Pudar

Cara Mencuci Celana Jeans Agar Tidak Pudar

Cara Mencuci Celana Jeans Agar Tidak Pudar – Setiap jenis pakaian baik baju maupun celana tidak sama cara menjaga dan merawatnya, karena berbeda jenis pakaiannya berbeda pula bahan yang digunakan untuk pembuatan pakaian tersebut.

Oleh karena itu ada beberapa jenis pakaian yang bahan pembuatannya mudah rusak, luntur dan melar. Jadi setiap kita membeli pakaian kita harus selalu mengecek labelnya biasanya ada disertakan bagaimana cara merawat dan mencuci pakaian tersebut agar awet dan tahan lama.

Nah salah satu jenis pakaian yang perlu kita perhatikan cara merawatnya terlebih lagi cara mencucinya adalah celana jeans. Karena kalau celana jeans ini kamu cuci secara sembarangan akan mengakibatkan warna cepat pudar, melar dan cepat rusak. 

Untuk itu simak terus artikel ini sampai selesai, karena pada artikel ini kita akan membahas bagaimana cara mencuci celana jeans agar tidak pudar dan cepat rusak.

Berikut ini beberapa tips dan cara mencuci celana jeans agar tidak pudar yang bisa kamu lakukan dirumah agar celana jeans kesayanganmu warnanya tetap awet dan tahan lama.

Cara Mencuci Celana Jeans Agar Tidak Pudar

1. Pada Saat Pertama Kali Dicuci Rendam Celana Jeans Menggunakan Air Hangat dan Garam

Nah mulai sekarang coba terapkan cara ini ketika kamu mempunyai celana jeans baru dan mau mencucinya untuk pertama kali, agar celana jeans yang kamu punya warnanya tidak pudar. Caranya juga cukup mudah yaitu cukup rendam celana jeans tersebut ke dalam air hangat yang telah kamu tambahkan garam. Hal tersebut akan membantu mengatur pewarna dan jangan mencuci celana jeans yang berlainan warna, cucilah celana jeans dengan warna gelap yang sama untuk berjaga – jaga jika warnanya luntur. 

2. Membalikkan Bagian Dalam Celana Jeans 

Salah satu cara mencuci celana jeans agar tidak luntur adalah dengan membalikkan celana jeans tersebut sebelum mencucinya. Karena dengan membalikkan celana jeans tersebut membantu mencegah pewarna mengalir saat dicuci dan mencegahnya memudar di bawah sinar matahari.

3. Jangan Menunggu Saat Siklus Pencucian Berakhir

Jika kamu mencuci celana jeans menggunakan mesin cuci, jangan menunggu sampai siklus pencucian berakhir. Hal ini dapat mencegah kerutan pudar yang mengerikan muncul pada permukaan kain.

Baca Juga :

4. Gunakan Detergen yang Tepat Untuk Mencuci Celana Jeans 

Jangan menggunakan detergen sembarangan ketika mencuci celana jeans, kamu bisa menggunakan detergen yang biasa digunakan untuk pakaian berwarna. Namun ini disarankan dilakukan pada celana jeans hitam atau gelap. 

5. Lakukan Pengeringan Dengan Cara Alami

Ketika celana jeans sudah selesai dicuci maka jangan mengeringkannya dengan mesin cuci, dan disarankan mengeringkan celana jeans secara alami menggunakan terik matahari dan jika merasa celana jeans sudah kering segera untuk mengangkatnya dari terik matahari. Karena terlalu lama dan sering di jemur dibawah terik matahari akan mengakibatkan warna menjadi pudar dan luntur.

6. Cucilah Celana Jeans Dengan Menggunakan Tangan 

Jika celana jeans yang kamu miliki menggunakan hiasan manik – manik, kancing dan Kristal. Maka sangat disarankan untuk mencuci celana jeans tersebut secara manual dengan menggunakan tangan.

7. Jangan Terlalu Sering Mencucinya 

Untuk menjaga celana jeans agar tetap awet dan tahan lama, maka jangan terlalu sering mencucinya karena celana jeans bukan jenis pakaian yang harus sering dicuci. Karena jika terlalu sering mencuci celana jeans akan mengakibatkan kerusakan pada celana jeans dan warnanya akan memudar dengan cepat.

Nah itulah cara mencuci celana jeans agar tidak pudar dan cepat rusak yang bisa kamu terapkan ketika mencuci celana jeans yang kamu miliki di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu buat teman – teman yang saat ini mengalami masalah mencuci celana jeans yang selalu pudar.

Posting Komentar untuk "Cara Mencuci Celana Jeans Agar Tidak Pudar"