Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Kesalahan Blogger Pemula Yang Wajib Dihindari

Kesalahan Blogger Pemula
Onmaibana.com - Kesalahan Para Blogger Pemula, Saat ini banyak sekali orang – orang yang tertarik dengan dunia blog, karena mereka tahu kalau blog tidak hanya tempat untuk menulis saja, namun juga bisa menjadi sumber penghasilan. dan tidak sedikit sekarang yang menjadikan dunia blog ini sebagai pekerjaan utamanya, mereka rela melepas pekerjaannya agar bisa lebih pokus untuk membangun dan mengembangkan sebuah blog. dan keputusan mereka memang tidak salah karena mereka bisa mendapatkan penghasilan dari blog melebihi dari gaji mereka pada saat bekerja di perusahaan, bahkan berkali – kali lipat di atasnya.

Namun sebelum anda benar – benar terjun ke dunia blogger banyak hal yang perlu diperhatikan. karena untuk mencapai kesuksesan dalam dunia blog tidak semudah yang dipikirkan oleh banyak orang. oleh karena itu agar tidak terjadi kesalahan – kesalahan yang akan berdampak buruk terhadap perkembangan blog anda kedepannnya. pada artikel ini akan kita bahas beberapa kesalahan yang sering di lakukan oleh para blogger pemula.

8 Kesalahan Blogger Pemula Yang Wajib Dihindari

1. Terlalu Mengharapkan Uang

Bagi sebagian blogger khususnya yang masih pemula sangat berambisi untuk menghasilkan uang dari blog. Hal ini merupakan kesalahan yang sangat mendasar dan paling sering kita temui. Banyak orang – orang yang mau ngeblog hanya semata – mata ia memikirkan uang.

Sebenarnya tidak masalah kita memikirkan dan berharap mendapatkan uang dari blog. karena mungkin dengan hal tersebut bisa menjadi motivasi buat anda ngeblog. Akan tetapi ketika kita terlalu mengharapkan uang tersebut, akan menjadi dilema sendiri buat kita. sehingga kita tidak memperdulikan kuantitas dan kualitas artikel dalam blognya.

Setelah anda mengelola sebuah blog selama beberapa bulan namun ternyata blog tersebut masih belum bisa menghasilkan uang. Hal tersebut pasti membuat anda kecewa dan merasa malas serta putus asa. Atau bahkan anda pasrah sehingga anda berhenti menjadi seorang blogger.

2. Menulis Artikel Yang Tidak Di Kuasai

Banyak sekali para blogger pemula yang menulis artikel yang sebenarnya dia tidak mengerti, sehingga artikel yang di hasilkan pun tidak berkualitas. Pada hal dalam dunia blogging dasarnya adalah konten, yaitu konten yang berkualitas dan memberikan manfaat bagi orang lain. Atau biasa orang bilang bahwa konten adalah raja. jadi buatlah artikel yang memang anda kuasai sehingga pada saat membuat artikel tersebut dengan mudah anda jelaskan.

Baca Juga : Menjadi Seorang Blogger, Butuh Kerja Keras dan Konsistensi

3. Salah Memilih Niche

Mungkin masih adalagi yang belum tahu apa itu niche, niche merupakan sebuah tema pokok pembahasan yang kita bahas dalam sebuah blog. Kebanyakan para blogger pemula asal memilih niche bahkan ada yang membuat niche yang tidak ia kuasai. Itu merupakan kesalahan yang paling dasar ketika anda ingin menjadi seorang blogger.

Sehingga pada saat menulis artikel anda menjadi bingung dan tidak tau mau membuat artikel apa. Oleh karena itu pilihlah satu niche yang merupakan anda sukai dan paling anda senangi. Agar pada saat anda menulis artikel anda merasa senang dan mengerjakannya sepenuh hati dan tentunya akan menghasilkan artikel dengan kualitas yang sangat baik dan juga bisa mendatangkan banyak visitor dari mesin pencari google.

Fokus dulu terhadap satu niche dan ketika anda sudah benar-benar menguasai serta sudah membahas tuntas maka boleh mencoba niche lain.

4. Terlalu fokus Pada Google Adsense

Para blogger pemula biasanya sangat berlomba – lomba untuk mendaftarkan blognya ke google adsense. Kebiasaan tersebut merupakan kesalahan yang harus dirubah, Google Adsense merupakan salah satu dari banyak nya cara menghasilkan uang dari blog oleh karena itu jauhkan terlebih dahulu google adsense dari pemikiran anda. perbaiki blognya terlebih dahulu, update terus artikelnya. hingga benar – benar sudah bisa mendatangkan visitor banyak. Karena adapun nantinya iklan google adsensenya kalau blognya tidak ada pengunjung sama saja dengan bohong, anda juga tidak bisa menghasilkan uang dari blog.

Namun kalau blog anda sudah mempunyai visitor lumayan barulah anda coba untuk mendafkan blog anda ke google adsene. Biasanya tidak susah untuk mendaftarkan blog yang sudah mempunyai visitor lumayan. Asalkan blog tersebut tidak melanggar aturan – aturan dari google adsense itu sendiri Baca artikel berikut ini sebelum mendaftarkan blog ke google adsense Hal - Hal Yang Harus Anda Persiapkan Sebelum Mendaftar Google Adsense

5. Copy + Paste

Blogger pemula yang terlalu berambisi untuk mendapatkan penghasilan dari blog sering kali menghalalkan segala cara seperti mengcopy artikel milik orang lain tanpa edit sama sekali dan tanpa permisi kepada yang punya blog, kemudia mereka pastekan ke blog mereka kemudian artikel tersebut mereka publish.

Karena dari awal mereka hanya mengejar uang, maka mereka tidak mau tau dengan yang namanya proses. Dalam dunia blog hal tersebut merupakan kesalahan yang sangat patal dan berakibat buruk pada perkembangan blog anda.jadi jangan coba – coba untuk melakukan copy paste artikel milik orang lain.

6. Terlalu sibuk dengan Tampilan Blog

Para blogger pemula banyak membuang – buang waktunya hanya untuk tampilan blog. Mereka sibuk gonta ganti template sibuk mau memilih yang mana. Memang betul kalau tampilan blog juga harus bagus, tapi anda cukup menyesuaikan warna dan memasang widget yang di butuhkan, karena terlalu banyak widget juga akan mempengaruhi kecepatan blog sehingga membuat blog

Jadi untuk lebih jelasnya mengenai tampilan blog yang bagus dan disukai oleh pembaca maupun mesin pencari harus mempunyai beberapa criteria berikut :

• Memilik warna yang tidak terlalu mencolok
• Menggunakan widget sesuai kebutuhan
• Tempat Iklan yang strategis.
• Mempunyai oading blog yang cepat

7. Tidak Konsisten 

Konsisten disini dalam artian selalu rutin dalam menulis artikel dan memantau perkembangan blog. Dalam dunia blog para blogger pemula biasanya sangat rajin melakukan update artikel, namun setelah beberapa bulan dan belum juga menghasilkan mereka akan malas untuk menulis. Karena lebih baik satu artikel setiap hari dari pada 20 artikel dalam sehari akan tetapi tidak konsisten.

Baca Juga : Cara Menulis Artikel Yang Menarik Dengan Mudah

8. Mudah Menyerah

Kalau beberapa kesalahan yang sudah di bahas diatas sudah sering anda lakukan, sudah saatnya untuk merubah dan semangat kembali dalam mengelola blog anda. karena dalam dunia blog sangat di butuhkan semangat dan kerja keras, kesabaran dan konsistensi. kalau kesalahan – kesalah tersebut diatas masih terus menerus di laksanakan, anda akan melakukan kesalahan berikutnya yaitu menyerah.

Menyerah dan mau berhenti ngeblog, karena anda merasa tak kunjung mendapatkan uang dan blog tak pernah ramai pengunjung. Percayalah bahwa pada suatu saat nanti kalau kerja keras anda akan membuahkan hasil, karena perjuangan dan proses tidak akan menghianati hasil.

Demikian artikel tentang beberapa Kesalahan Blogger Pemula ini semoga bermanfaat dan bisa membantu buat para blogger pemula seperti saya yang masih berjuang dalam membangun sebuah blog agar bisa menghasilkan uang. kalau menurut anda artikel ini bermanfaat silahkan di share keteman - teman lainnya, agar artikel ini lebih banyak lagi memberikan manfaat kepada orang lain.

2 komentar untuk "8 Kesalahan Blogger Pemula Yang Wajib Dihindari"

  1. Makasih gan infonya bermanfaat banget bagi ane sebagai seorang Blogger pemula ditunggu kunjungannya ke gubuk sederhana ane 😁 https://segalatopik19.blogspot.com

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan seputar blog dan artikel ini silahkan berikan komentar yang baik dan sesuai dengan isi artikelnya.