Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Mengobati Kutu Air Dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Kutu Air
Sumber gambar : www.sketsindonews.com
Onmaibana.comCara Mengatasi Kutu Air Dengan Bahan Alami – setiap orang mungkin pernah mengalami kena kutu air, begitu juga mungkin dengan kalian. Meskipun kutu air tidak tergolong penyakit serius namun harus tetap kita obati dan ditangani dengan serius, sebab jika terjadi infeksi hal tersebut akan memperburuk dan bisa jadi menyebar ke bagian tubuh kita yang lainnya.

Kutu air merupakan sebuah ruam yang timbul pada kulit yang biasanya berada di antara jari kaki maupun telapak kaki yang disebabkan oleh jamur, kutu air biasanya kerap terjadi kepada orang – orang yang mempunyai kaki lembab akibat keringat ketika menggunakan sepatu dan kaos kaki. Beberapa kriteria yang ditimbulkan ketika kita terkena kutu air adalah area kulit yang kena akan terlihat memutih, lembab, gatal, sakit dan melepuh. 

Namun kalian tidak perlu khawatir karena pengobatan kutu air bisa kita lakukan dengan cara alami dan menggunakan bahan – bahan yang ada dirumah. Untuk itu langsung saja kita simak berikut ini beberapa cara mengobati  kutu air yang bisa kita lakukan dengan cara alami dirumah : 

1. Bawang Putih
Bawang putih juga bisa kita gunakan untuk mengobati kutu air, karena bawang putih mengandung antiseptik alami sehingga bisa membantu mengobati kutu air yand ada di sela jari maupun telapak kaki kita. cara mengobati kutu air ini adalah dengan cara menempelkan bawang putih tersebut pada area yang terkena kutu air dengan balutan kain, kemudian diamkan hingga beberapa jam. Untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus lakukan hal tersebut secara berkala.

2. Larutan Cuka
Kita bisa menggunakan larutan cuka untuk mengobati kutu air, karena larutan cuka mengandung asam asetat yang memiliki sifat anti jamur. Sehingga dipercaya mampu untuk mengatsi kutu air yang ada di sela jari atau telapak kaki kita. kalian cukup mencampurkan satu cangkir cuka kedalam dua gelas air, kemudian rendamlah kaki kalian yang terkena kutu air kedalam campuran larutan cuka tersebut namun pastikan terlebih dahulu kaki kita sudah bersih.

3. Garam Laut
Cara ini cukup mudah untuk kita gunakan untuk mengobati kutu air, yaitu kita cukup melarutkan garam secukupnya ke dalam air hangat. Kemudian rendamlah kaki kita yang terkena kutu air ke dalam larutan garam dan air hangat tadi selama 20 menit kemudian keringkan. Kandungan yang ada pada garam berfungsi sebagai anti septik yang berguna untuk membunuh jamur – jamur yang menempel pada kulit kita.

4. Teh
Cara berikutnya yang bisa kita lakukan untuk mengobati kutu air adalah teh hijau,  karena teh hijau mengandung polifenol yang bersifat anti jamur sehingga bisa membantu mengobati kutu air yang ada di sela jari maupun telapak kaki kita. caranya juga cukup mudah kita hanya perlu merendamkan kaki kita kedalam seduhan teh hijau, kemudian keringkan dan lakukanlah secara berkala.

Baca Juga : 
5. Tea Tree Oil
Tea tree oil merupakan minyak essential yang memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang tinggi, sehingga sangat ampuh untuk menyembuhkan berbagai masalah kulit begitu juga dengan kutu air. Cara penggunaannya juga sangat mudah yaitu cukup dengan mengoleskan Tea Tree Oil tersebut kearea kaki yang terkena kutu air.

6. Lidah Buaya 
Bagi kalian yang mempunyai tumbuhan lidah buaya di rumah, kalian juga bisa menggunakannya untuk mengobati kutu air. Karena lidah buaya memiliki kandungan anti septik dan anti inflamasi yang bisa membantu memperbaiki kulit yang luka karena kutu air. Cara pengobatannya cukup mudah kalian tinggal oleskan gel lidah buaya tersebut ke area kaki yang terkena kutu air.

7. Kayu Manis
Atau kalian juga bisa menggunakan kayu manis untuk mengobati kutu air, karena kandungan yang ada pada kayu manis cukup bagus untuk mengatasi jamur penyebab kutu air. Cara pengobatannya adalah kalian cukup rendam beberapa batang kayu manis ke dalam air panas, kemudian rendamlah kaki kalian yang terkena kutu air dan diamkan selama beberapa menit.

8. Daun Sirih
Terakhir kalian juga bisa menggunakan daun sirih untuk mengobati kutu air, karena daun sirih juga mengandung anti septik yang bisa membunuh jamur penyebab kutu air. Cara pengobatannya kalian rebus beberapa lembar daun sirih dengan garam, kemudian gunakanlah air rebusan daun sirih tersebut untuk merendam kaki yang terkena kutu air dan diamkan selama 20 – 30 menit.

Nah itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengobati kutu air dan selama pengobatan jagalah kebersihan kaki kita dan pastikan kalau kaki kita selalu dalam keadaan kering. namun meskipun beberapa cara pengobtan alami tersebut bisa kita coba dirumah bukan berarti kita tidak perlu lagi menggunakan obat – obat yang ada di apotek atau yang diberikan dokter. Jadi jika kalian tidak mendapatkan hasil setelah menggunakan beberapa cara alami diatas maka segeralah kedokter atau ke apotek untuk melakukan pengobatan secara medis. 

Posting Komentar untuk "8 Cara Mengobati Kutu Air Dengan Bahan Alami "