Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu
Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu – Madu merupakan  sebuah cairan alamiah yang dihasilkan oleh lebah dan banyak mengandung zat gula yang diambil dari nektar bunga dan mempunyai rasa yang manis. 

Madu sangat terkenal memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, dan juga bisa mengobati berbagai jenis penyakit serta bisa juga dijadikan sebagai antibakteri dan menurunkan resiko kanker.

Namun saat ini kita perlu hati – hati ketika memilih dan membeli madu, karena saat ini banyak madu – madu palsu beredar yang mana bentuk dan warnanya sama persis dengan madu asli.

Untuk itu jangan sampai kita membeli madu yang palsu, karena dengan mengonsumsi madu palsu harapan kita untuk mendapatkan manfaat yang baik untuk kesehatan tidak akan pernah kita dapatkan malah yang ada kita mendapatkan penyakit akibat dari bahan campuran yang dibuat oleh sipemalsu madu.

Jadi agar kita tidak tertipu saat membeli madu, alangkah baiknya kita memahami dan mengetahui beberapa ciri – ciri dari madu asli berikut ini :
  • Memiliki Warna Yang Keruh
  • Tidak Begitu Kental
  • Tidak Lengket
  • Mengalir Dengan Cepat
  • Tidak Mudah Larut  Dalam Air
  • Rasa Madu Asli Tidak Tertinggal di Lidah
  • Jika Dipanaskan Akan Berbuih dan Bluber

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

1. Tes Dengan Air

Tuangkan satu sendok madu kedalam sebuah gelas yang berisi air, kemudian silahkan perhatikan jika madu menjadi gumpalan dan mengendap di bagian bawah gelas madu tersebut adalah madu asli. Namun jika madu tersebut bercampur dengan air maka madu tersebut merupakan madu palsu

2. Tes Dengan Korek Api

Celupkan korek api batang kedalam madu kemudian coba nyalakan korek api tersebut seperti biasanya. Jika korek api tersebut bisa menyala maka madu tersebut merupakan madu asli karena madu asli mempunyai sifat yang mudah terbakar, namun kalau korek tersebut tidak bisa atau susah untuk dinyalakan maka madu tersebut adalah palsu karena karena bisa saja mengandung air dan tambahan zat lainnya.

Baca Juga :

3. Tes Dengan Menggunakan Roti

Silahkan oleskan madu ke selembar roti tawar kemudian perhatikan perubahan yang terjadi pada roti tersebut. jika roti tersebut menjadi keras dalam beberapa menit, maka madu tersebut adalah madu asli. Namun jika roti tersebut menjadi basah maka madu tersebut adalah madu palsu.

4. Tes Daya Serap

Coba teteskan madu ke atas kertas minyak  atau kain putih, jika madu tersebut tidak terserap dan tidak meninggalkan noda pada kain putih maka madu tersebut adalah madu asli. Namun jika madu tersebut menyerap dan meninggalkan noda pada kain putih maka madu tersebut adalah madu palsu.

5. Tes Kejernihan Madu

Silahkan perhatikan dengan jelas jika kejernihan madu tersebut tampak bersih maka madu tersebut adalah palsu, karena madu asli biasanya akan tampak sedikit keruh karena madu asli mengandung pollen dan kadang tubuh lebah juga masih ada didalamnya. Akan tetapi tidak semua madu yang jernih itu madu palsu oleh karena itu kita harus lebih teliti dalam memilih dan membeli madu.

6. Tes Dengan Kuning Telur

Masukkan madu ke dalam wadah kemudian silahkan tambahkan kuning telur kedalam wadah tersebut kemudian aduk, jika kuning telur tersebut tampak matang maka madu tersebut adalah asli namun jika madu tersebut madu palsu maka tidak akan berefek apapun terhadap kuning telut tersebut.

7. Tes Panas

Coba Panaskan madu jika madu tersebut memanas seperti biasa dan tidak mengalami perubahan tekstur maka madu tersebut adalah madu palsu, karena madu asli ketika dipanaskan akan berubah teksturnya menjadi caramel dan berbuih.

Buat teman - teman yang membutuhkan madu asli bisa langsung hubungi kami di nomor Wa : 0812 6052 9524. bisa kita kirimkan keseluruh wilayah indonsesia. insya allah kami amanah dan keaslian madunya terjamin karena langsung kita panen dari lebah liar di dalam hutan.

Nah itulah beberapa cara membedakan madu asli dan palsu, silahkan kalian pilih mau menggunakan cara yang mana namun kalau kalian mau mencoba semuanya agar lebih meyakinkan kalian juga bisa coba semua cara diatas. Meskipun sebenarnya sangat sulit untuk membuktikan dan membedakan mana madu asli dan mana madu yang palsu. Mudah – mudahan bermanfaat dan bisa membantu sehingga kita tidak salah lagi pada saat kita membeli madu. 


Posting Komentar untuk "Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu"