google.com, pub-5388171159716165, DIRECT, f08c47fec0942fa0 11 Tanda - Tanda Awal Kehamilan Yang Wajib Diketahui - Onmaibana.com
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Tanda - Tanda Awal Kehamilan Yang Wajib Diketahui

Onmaibana.comTanda – Tanda Kehamilan Awal Yang Wajib Diketahui – Buat kalian para pasangan muda dan baru tentu sangat menunggu berita yang sangat menggembirakan yaitu berita tentang kehamilan seorang istri. Untuk itu sangat penting untuk mengetahui bagaimana tanda – tanda awal kehamilan, seperti yang sudah umum kita ketahui salah satu tanda – tanda kehamilan adalah terlambat datang bulan.

Namun perlu untuk diketahui kalau masih banyak lagi tanda – tanda kehamilan lainnya yang tentunya sangat penting dikenali. meskipun beberapa tanda – tanda tersebut berbeda – beda yang di alami oleh setiap wanita hamil, sehingga kehamilan lebih cepat diketahui.

Setidaknya ada 11 tanda – tanda kehamilan awal yang biasa dan umum dialami oleh wanita hamil, dari beberapa tanda – tanda tersebut mungkin sangat jarang diketahui dan bahkan tidak disadari. untuk itu silahkan simak beberapa tanda – tanda kehamilan dibawah ini.

11 Tanda - Tanda Awal Kehamilan Yang Wajib Diketahui

1. Terlambat Menstruasi

Salah satu tanda kehamilan yang sudah sering kita dengar adalah terlambat menstruasi, hal tersebut terjadi setelah calon janin menempel pada diding rahim yang kemudian tubuh anda mulai memproduksi human chorionic gonadotropin (hCG). yaitu hormon yang nantinya membatu tubuh menjaga kehamilan. selain membantu tumbuh kehamilan hormon ini juga mempunyai fungsi untuk menghentikan menstruasi yang biasanya di alami setiap bulan dan hal tersebut akan terjadi selama masa kehamilan.

2. Mual dan Muntah

Tanda – tanda kehamilan lainnya yang sering kita dengar adalah mual dan muntah, meskipun pada umumnya mual dan muntah terjadi pada usia kehamilan 6 minggu. akan tetapi bisa juga muncul diawal kehamilan dan biasanya akan hilang seteleah usia kehamilan memasuki usia 12–16 minggu.

Kondisi mual dan muntah sangat meresahkan untuk itu dapat dicegah dengan cara menjaga perut agar tidak kosong, hal tersebut bisa diatasi dengan makan dengan porsi sedikit tetapi sering. atau anda juga bisa mencoba mengonsumsi permen mint atau jahe untuk membantu meredakan gejala mual dan muntah saat hamil.

3. Lebih Sering Buang Air Kecil

Di awal masa kehamilan, kebanyakan wanita akan lebih sering ingin buang air kecil dari biasanya khususnya pada malam hari. Hal tersebut disebabkan terjadinya perubahan hormon dan bertambahnya jumlah cairan pada tubuh. dan pada pase kehamilan selanjutnya keinginan buang air kecil lebih disebabkan oleh pembesaran rahim yang menekan kantong kemih.

4. Perubahan Pada payudara

Pada awal kehamilan akan terjadi perubahan hormon dan hal tersebut bisa membuat payudara terasa lebih padat, sensitif, dan kencang. Puting pada payudarapun akan terlihat lebih menonjol dan berwarna lebih gelap, dengan pembuluh darah yang lebih tampak di permukaan kulit payudara.

5. Lebih cepat lelah

Tanda kehamilan yang sangat sering di alami adalah mudah dan cepat lelah, jika anda merasakan sering merasa lebih cepat lelah dari biasanya, hal tersebut bisa saja merupakan tanda kehamilan yang anda alami. biasanya gejala ini akan berlanjut terutama pada trimester pertama kehamilan.

Rasa mudah lelah tersebut umumnya disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon progesterone dan peningkatan peningkatan jumlah darah, detak jantung, dan metabolisme tubuh juga dapat menyebabkan tubuh ibu hamil menjadi cepat lelah.

Beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mengatasi keluhan ini, perbanyak mengonsumsi makanan bernutrisi dan istirahatlah yang cukup. Hindari olahraga atau aktivitas fisik yang berat dan batasi konsumsi kafein karena bisa membahayakan kondisi janin.

Baca Juga :

6. Sensitif Terhadap Bau

Perubahan hormon yang terjadi pada saat hamil bisa membuat indra penciuman wanita menjadi lebih sensitif. Sehingga bisa membuat wanita hamil menjadi mudah dan sensitif ketika mencium aroma atau bau tertentu. seperti bau parfum dan makanan berbumbu dan berbagai aroma yang berbau tajam dan bisa menyebabkan mual.

7. Hilangnya Nafsu Makan

Lagi – lagi karena peningkatan kadar hormone dan sensitive terhadap bau sehingga membuat wanita hamil kehilangan nafsu makan. umumnya wanita hamil akan mengalami hal tersebut dan untuk mengatasinya cobalah untuk tetap mengonsumsi berbagai camilan, seperti biskuit tanpa perasa atau roti gandum.

8. Keluar Bercak Darah Dari Vagina

Pada sebahagia wanita terkadang kehamilannya diawali dengan munculnya bercak darah yang keluar dari vagina. hal tersebut merupakan tanda menempelnya sel telur yang sudah dibuahi pada dinding rahim, dan hal tersebut tidak selalu terjadi pada setiap awal kehamilan wanita.

9. Pusing

Salah satu tanda yang juga sangat umum dirasakan diawal kehamilan adalah pusing, rasa pusing sering dirasakan akibat turunnya tekanan darah dan menyempitnya pembuluh darah. anda bisa mengatasinya dengan istirahat yang cukup, namun jika pusing yang anda alami tak kunjung sembuh dan berlangsung cukup lama maka segera konsultasikan kedokter untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas dan akurat.

10. Konstipasi

Konstipasi atau sembelit merupakan salah satu tanda kehamilan yang mungkin tidak banyak disadari yaitu pencernaan yang melambat. Perubahan pada pencernaan ini terjadi karena perubahan hormon saat hamil yang mempengaruhi kinerja sistem pencernaan anda pada saat hamil.

11. Suasana hati yang mudah berubah

Cukup banyak orang yang merasa lebih emosional dimasa awal kehamilan, suasana hatinya juga sangat cepat berubah- ubah dengan tanpa alasan yang jelas. hal tersebut juga disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh dan juga merupakan salah satu tanda diawal kehamilan.

Nah itulah beberapa tanda – tanda diawal kehamilan yang dirasakan oleh orang – orang yang sedang hamil namun belum mengetahui kehamilannya. namun tanda – tanda tersebut tidak bisa kita buat sebagai kepastian untuk kehamilan anda, karena bisa saja beberapa tanda – tanda tersebut diatas merupakan gejala dari penyakit tertentu yang anda alami.

Untuk itu buat memastikan kehamilan anda bisa menggunakan alat tes kehamilan test pack yang bisa anda dapatkan di berbagai apotik atau toko obat. tes ini dilakukan dengan menggunakan sampel urine dan diutamakan urine di pagi hari, Tempatkan urine anda di wadah yang bersih, kemudian celupkan alat uji kehamilan ke dalamnya, Setelah itu silahkan tunggu beberapa menit, alat tersebut akan menunjukkan hasil positif atau negatif sesuai petunjuk yang tertera pada kemasan produk.

Biasanya Kemunculan dua garis merah menunjukkan hasil positif, sedangkan hasil negatif ditunjukkan dengan kemunculan satu garis merah. jika anda mendapatkan dua garis merah berarti anda benar – benar hamil dan jika hasil yang anda dapatkan negatif atau satu garis merah coba ulangi tes satu minggu setelah tes  pertama untuk memastikan apakah anda hamil atau tidak.



Posting Komentar untuk "11 Tanda - Tanda Awal Kehamilan Yang Wajib Diketahui"