Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Tugas Bridesmaid dalam Acara Pernikahan Yang Wajib Kamu Ketahui

Tugas Bridesmaid

Tugas Bridesmaid dalam Acara Pernikahan - Pernah kamu mendengar kata Bridesmaid, Bridesmaid merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris arti memiliki arti pendamping pengantin wanita.

Jadi bridesmaid adalah teman atau sahabat yang di tunjunk sebagai pedamping pengantin wanita dalam sebuah acara pernikahan agar si pengantin wanita tidak merasa sendiri. Akan tetapi selain untuk menemani pengantin bridesmaid juga memiliki tugas – tugas dan tanggung jawab yang harus dikerjakan selama acara pernikahan berlangsung.

Nah buat kamu yang pertama kali di undang untuk menjadi bridesmaid, tentu sangat penting untuk mengetahui apa saja tugas – tugas bridesmaid itu sendiri. Karena bridesmaid itu tugasnya tidak hanya untuk foto – foto bersama saja seperti yang kita lihat diacara – acara pernikahan pada umumnya.

Berikut ini beberapa tugas - tugas bridesmaid pada acara pernikahan yang wajib kamu ketahui :

Tugas -Tugas Bridesmaid

1. Melayani Mempelai Calon Pengantin

Salah satu tugas bridesmaid adalah melayani kedua mempelai dan berperan sebagai tim support dalam acara pernikahan tersebut. Mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan acara pernikahan dan bridesmaid tentu wajib menghadiri seluruh rangkaian acara pernikahan tersebut sampai selesai.

2. Memakai Busana Seragam

Jika kita perhatikan dalam acara pernikahan ada beberapa orang yang memiliki busana seragam dengan warna yang sama juga. Maka jangan heran bisa saja mereka merupakan bridesmaid dari acara pernikahan tersebut.

Jadi jika kamu di undang dan terpilih menjadi bridesmaid maka pastikan kamu menanyakan model dan warna busana yang mau di pakai agar nantinya kamu tidak beda sendiri dari bridesmaid yang lain.

3. Mempersiapkan dan Membuat Bridal Shower

Bridal shower merupakan sebuah acara atau perayaan untuk para calon pengantin perempuan dalam rangka merayakan sisa masa lajang sebelum nantinya melangsungkan pernikahan. Biasanya acara ini akan dihadiri oleh sahabat maupun teman – teman dekat calon mempelai perempuan. Bridal shower ini bertujuan untuk bersenang-senang melepas masa lajang, atau bisa juga sebagai momen untuk pemberian hadiah untuk calon pengantin perempuan sebelum Ia memulai kehidupan barunya bersama suami.

4. Pengiring Pengantin

Tugas ini merupakan salah satu tugas utama bridesmaid dimana para bridesmaid akan mengiringi mempelai wanita jalan menuju altar atau menuju kursi pernikahan. Sehingga selama resepsi bridesmaid juga perlu berinteraksi dan menjadi support untuk acara pernikahan tersebut.

5. Membantu Pengantin Bergerak dengan Gaunnya

Ketika pengantin wanita menggunakan gaun pernikahan sangat tebal atau ketat serta panjang maka sudah bisa dipastikan pengantin wanita akan membutuhkan seseorang untuk membantu mengangkat atau mengurus gaun tersebut. Disinilah peran bridesmaid sangat dibutuhkan ketika pengantin wanita berjalan dan bergerak pindah tempat dan berganti pakaian.

Baca Juga :

6. Memberi Dukungan Mental

Selain memberi dukungan atau support untuk pelaksanaan acara pernikahan, bridesmaid juga harus memberikan spiritual dan mental kepada calon pengantin. Sebagai teman dan sahabat bridesmaid juga harus bisa menerima curhat dari calon pengantin dan memberikan saran serta solusi yang positif agar mempelai wanita tidak terlalu banyak pikiran dan stres.

7. Menjaga Barang Pengantin

Kenapa bridesmaid yang di tunjuk sahabat atau teman – teman dekat karena para sahabat dan teman dekat merupakan orang yang sudah di percaya oleh kedua mempelai, hal ini termasuk dalam menjaga dan mengurus barang – barang dari pengantin seperti pakaian, ponsel, dompet dan berbagai jenis barang pengantin lainnya.

8. Memastikan Pengantin Tidak Kelaparan

Sering kita mendengar dalam sebuah acara pernikahan pengantin mengalami kelaparan karena terlalu sibuk dengan acara, nah disinilah peran para bridesmaid untuk memastikan kedua pengantin sudah makan dan minum sebelum acara tersebut berlangsung. Untuk itu, tugas bridesmaid utnuk memperhatikan pengantin wanita dan pria agar jangan sampai kelaparan.

9. Ikut Memberi Saran dan Memeriahkan Acara

Peran ini sangat diharapkan dalam sebuah acara pernikahan karena keluarga dan kedua mempelai sudah dipastikan pasti sangat sibuk dalam menerima tamu undangan, jadi bridesmaid diharapkan ikut memberikan saran – saran positif dan ikut memeriahkan acara. Hal ini juga dapat meringankan pikiran dari sang memelai wanita dan keluarga.

10. Foto bersama

Pada saat foto bersama bridesmaid menjadi salah satu bagian terpenting saat sesi pemotretan di hari pernikahan. Jadi pastikan kamu dan teman bridesmaid lainnya mempersiapkan diri dengan penampilan dan gaya barisan yang bagus untuk berfoto bersama pengantin di hari pernikahan. Karena momen ini akan menjadi kenangan seumur hidup antara kamu dan teman bridesmaid lainnya dengan kedua mempelai.

Nah itulah beberapa tugas-tugas bridesmaid yang wajib kama ketahui, agar nanti jika kamu mendapat undangan dan terpilih menjadi bridesmaid pada acara pernikahan sahabat atau teman – temanmu tidak kaku lagi dan sudah mengetahui tugas dari seorang bridesmaid.


Posting Komentar untuk "10 Tugas Bridesmaid dalam Acara Pernikahan Yang Wajib Kamu Ketahui"